Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microlearning Pada Materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Bengkel Permesinan

Ismail Ardiansyah, . (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microlearning Pada Materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Bengkel Permesinan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (294kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (254kB)
[img] Text
lampiran & daftar riwayat hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada bengkel permesinan berbasis Microlearning berupa website yang berisi media-media berbentuk infografis, video, PDF interaktif beserta kuis. Sasaran dari penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan pada program keahlian Teknik Permesinan. Metode pada penelitian ini adalah Research and Development atau R&D dengan model pengembangan ADDIE atau Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Nilai yang diperoleh secara keseluruhan dari tahap validasi ahli sebagai berikut: penilaian dari ahli materi sebesar 94.5% yang termasuk ke dalam kategori “sangat layak”, penilaian dari ahli media sebesar 91.5% yang berarti penilaian tersebut masuk ke dalam kategori “sangat layak”. Nilai yang diperoleh dari uji coba perorangan sebesar 100%, dimana nilai tersebut termasuk dalam kategori “sangat layak”, dan penilaian dari hasil uji coba kelompok kecil sebesar 95.5% termasuk ke dalam kategori “sangat layak”. Dari penilaian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwasanya media pembelajaran berbasis Microlearning pada Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada bengkel permesinan yang dikembangkan dalam penelitian ini sangat layak untuk digunakkan dan dimanfaatkan untuk proses pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada bengkel permesinan. / *****This research and development project aims to develop learning media on Occupational Health and Safety in machining workshops, using a microlearning-based approach in the form of a website containing infographics, videos, interactive PDFs, and quizzes. The target audience for this research is vocational high school students in the Machining Engineering program. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The overall scores from the expert validation phase are as follows: the material expert evaluation received a score of 94.5%, categorized as "very suitable", and the media expert evaluation received a score of 91.5%, also categorized as "very suitable". The score obtained from individual trials was 100%, classified as "very suitable", and the score from small group trials was 95.5%, also classified as "very suitable". From these evaluations, it can be concluded that the microlearning-based learning media on Occupational Health and Safety in machining workshops developed in this research is highly suitable for use in the learning process of Occupational Health and Safety in machining workshops.*

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Jafar Amiruddin, S.T., M.T ; 2). Dr. Imam Mahir, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Rekayasa Keselamatan Kebakaran
Depositing User: Ismail Ardiansyah .
Date Deposited: 23 Jul 2024 23:16
Last Modified: 23 Jul 2024 23:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46091

Actions (login required)

View Item View Item