Alviani Okta Nur Zahro', . (2024) Difusi Invovasi Red Hat Academy untuk Mata Pelajaran "Administrasi Sistem Jaringan" pada Siswa Jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunimasi (TJKT) di SMK Letris 1 Indonesia, Tanggerang Selatan. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Bab I Pendahuluan.pdf Download (440kB) |
|
Text
3. Bab II Kajian Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) | Request a copy |
|
Text
4. Bab III Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text
6. Bab V Kesimpulan, Implikasi dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text
5. Bab IV Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (242kB) |
|
Text
8. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan proses difusi inovasi pada mata pelajaran “Administrasi Sistem Jaringan” menggunakan Red Hat Academy untuk siswa SMK dengan kejuruan Teknik Komputer Jaringan dan Telekomunikasi (TKJT) di SMK Letris 1 Indonesia, Tangerang Selatan. Sumber data pada penelitian ini yaitu 1 guru, 36 peserta didik, dan situasi sosial (terdiri dari tiga elemen: tempat, pelaku, dan aktivitas). Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Data yang dikumpulkan ada dua jenis data, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif sehingga teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan statistik deskriptif dan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan difusi inovasi berjalan sebagai berikut: pada tahap pengetahuan, penyebaran informasi dilakukan dengan baik meskipun tidak sepenuhnya disesuaikan dengan karakteristik individu siswa; pada tahap persuasi, penjelasan karakteristik inovasi membantu siswa memahami manfaat Red Hat Academy; pada tahap keputusan, siswa dan guru memutuskan untuk mengadopsi inovasi secara tidak langsung dengan mengujicobakannya; pada tahap penerapan, inovasi digunakan dalam pembelajaran dengan beberapa hambatan yang berhasil diatasi; pada tahap konfirmasi, guru dan siswa memutuskan untuk terus menggunakan inovasi tersebut. Temuan ini penting karena memberikan wawasan tentang efektivitas Red Hat Academy dalam meningkatkan keterampilan teknis siswa, yang berpotensi meningkatkan kesiapan kerja mereka di industri teknologi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan perlunya integrasi lebih lanjut antara kurikulum sekolah dan kebutuhan industri. The purpose of this study is to describe the innovation diffusion process in the subject "Network System Administration" using the Red Hat Academy for vocational students of Computer Network and Telecommunication Engineering (TKJT) at SMK Letris 1 Indonesia, South Tangerang. The data sources in this research are 1 teacher, 36 learners, and the social situation (consisting of three elements: place, actors, and activities).This research is included in descriptive research using qualitative research methods. The data collection techniques used are questionnaires, interviews, observations, and field notes. There are two types of data collected, namely qualitative data and quantitative data so that the analysis techniques used are using descriptive statistics and the Miles and Huberman analysis model. The results showed that the stages of innovation diffusion proceeded as follows: at the knowledge stage, information dissemination was done well although it was not fully adapted to students' individual characteristics; at the persuasion stage, explanation of the innovation's characteristics helped students understand the benefits of Red Hat Academy; at the decision stage, students and teachers decided to adopt the innovation indirectly by piloting it; at the implementation stage, the innovation was used in learning with some barriers successfully overcome; at the confirmation stage, teachers and students decided to continue using the innovation. This finding is important as it provides insight into the effectiveness of Red Hat Academy in improving students' technical skills, potentially enhancing their job readiness in the technology industry. The implications of this study suggest the need for further integration between the school curriculum and industry needs.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. R. A. Hirmana Wargahadibrata, M. Sc. Ed. 2) Diana Ariani, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 22871 not found. |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 04:01 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 04:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46193 |
Actions (login required)
View Item |