Responses and Feedback at the Presentation Stage of “English Grammar”Course: A Classroom Discourse Analysis

NOVA ARIYANTI., . (2012) Responses and Feedback at the Presentation Stage of “English Grammar”Course: A Classroom Discourse Analysis. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
skripsi Nova lengkap.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan dan umpan balik diaktifkan oleh guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, rekaman video, dan catatan lapangan. Data diperoleh dari tiga Universitas yang memiliki Jurusan Bahasa Inggris dan Kelas Grammar di Jakarta Timur; UNJ, Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka (UHAMKA), dan STBA LIA dari bulan Februari sampai Mei 2012. Data interaksi dari observasi kelas ditranskripsi kemudian dianalisis dengan menggunakan Linguistik Fungsional Sistemik (SFL) untuk mengetahui tanggapan dan umpan balik dari guru dan siswa di dalam interaksi kemudian menganalisis transitivity. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa dominan berperan dalam merespon dan guru dominan berperan dalam memberikan umpan balik. 2) Respon dominan yang diaktifkan adalah acknowledgement. 3) Proses relational adalah proses dominan yang terjadi dalam setiap klausa tanggapan dan umpan balik. Kata kunci: Tanggapan dan Umpan Balik, Mata Kuliah English Grammar, Analisis Wacana Kelas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Neneng Setiawati, M. Ed 2.) Rahayu Purbasari, M. Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 22 Oct 2019 15:24
Last Modified: 22 Oct 2019 15:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item