EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA GAME WORDWALL DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 31 JAKARTA

AFITA LAELATUL HIKMAH, . (2024) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA GAME WORDWALL DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media evaluasi pembelajaran sejarah yang tidak bervariasi seperti menggunakan paper test atau tes tertulis, dapat memunculkan rasa kurangnya minat dan ketertarikan peserta didik dalam melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran sehingga proses evaluasi pembelajaran dinilai kurang efektif. Dimana, pada pembelajaran abad ke-21, guru dituntut untuk mampu membangun hubungan yang efektif dengan peserta didik menggunakan teknologi yang didukung pada saat ini. Salah satunya dengan memanfaatkan media game wordwall dalam evaluasi pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Efektifitas Penggunaan Media Game wordwall Dalam Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 31 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan selama sembilan bulan yaitu pada bulan Agustus 2023 sampai bulan Mei 2024 dengan jumlah populasi penelitian sebanyak 60 peserta didik di kelas X SMA Negeri 31 Jakarta. Data penelitian yang diperoleh berbentuk kuantitatif dan jenis metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, wawancara mendalam dan penyebaran angket kepada peserta didik. Pemaparan hasil penelitian bersifat deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan memanfaatkan indikator dari hasil penelitian untuk memastikan bahwa hasilnya efektif dan dapat dengan mudah untuk dipahami yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media game wordwall sangat efektif untuk digunakan dalam evaluasi pembelajaran sejarah kelas X di SMAN 31 Jakarta dengan nilai rata-rata angket keseluruhannya adalah 41,1 yang berada dikategori sangat efektif. Keefektifitasan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik kelas X yang sangat baik saat melaksanakan evaluasi pembelajaran sejarah dengan menggunakan media game wordwall yaitu kelas X-4 memperoleh nilai rata-rata 94,8 dan kelas X-5 memperoleh nilai rata-rata 89,6. Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi keefektifan penggunaan media game wordwall dalam evaluasi pembelajaran sejarah kelas X di SMAN 31 Jakarta yaitu seperti keterlaksanaan evaluasi oleh guru, fleksibilitas media, dan Respon dari peserta didik itu sendiri. Kata kunci : Efektifitas, Media Wordwall, Evaluasi Pembelajaran Sejarah ***** This research is motivated by the use of history learning evaluation media that is not varied, such as using paper tests or written tests, which can give rise to a lack of interest and enthusiasm among students in carrying out learning evaluation activities so that the learning evaluation process is considered less effective. Where, in 21st century learning, teachers are required to be able to build effective relationships with students using currently supported technology. One of them is by using wordwall game media in evaluating history learning. The aim of this research is to find out how effective the use of wordwall game media is in evaluating history learning for class X SMA Negeri 31 Jakarta. This research was carried out for nine months, namely from August 2023 to May 2024 with a total research population of 60 students in class X of SMA Negeri 31 Jakarta. The research data obtained was in quantitative form and the type of method used was a descriptive research method with a qualitative approach. Data was obtained through observation, documentation, in-depth interviews and distributing questionnaires to students. The presentation of research results is descriptive. The data analysis technique used is to utilize indicators from research results to ensure that the results are effective and can be easily understood, namely by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research show that the wordwall game media is very effective for use in evaluating class X history learning at SMAN 31 Jakarta with the overall questionnaire average score being 41.1 which is in the very effective category. This effectiveness can be seen from the excellent learning results of class. There are three factors that influence the effectiveness of using wordwall game media in evaluating class. Keywords: Effectiveness, Wordwall Media, Evaluation of History Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nur'aeni Marta, S.S,M.Hum ; 2). Dr. Nurzengky Ibrahim, MM
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 23150 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2024 05:18
Last Modified: 24 Jul 2024 05:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46235

Actions (login required)

View Item View Item