PENERAPAN PERMAINAN TREASURE HUNT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 57 JAKARTA

PUTRI WULANDARI, . (2024) PENERAPAN PERMAINAN TREASURE HUNT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 57 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Treasure Hunt dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII F SMP Negeri 57 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Treasure Hunt mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 74,29%, siklus ke 2 sebesar 79,41% dan siklus ke 3 sebesar 88,24%. Target Indikator Pencapaian Hasil (IPH) ≥80% telah tercapai pada siklus 3. Selain itu, keaktifan peserta didik setiap siklusnya juga meningkat. Pada setiap siklus, peningkatan terlihat dalam aspek bertanya, menjawab, berpendapat, dan kerja sama. Siklus pertama menunjukkan keaktifan yang beragam dengan adanya peningkatan pada siklus kedua dan ketiga, terutama dalam berpendapat dan partisipasi aktif siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Treasure Hunt, Hasil Belajar   ***** This research aims to determine the application of learning media Treasure Hunt in improving the learning outcomes of class VII F students at SMP Negeri 57 Jakarta. The research method used is the Classroom Action Research method using three cycles. The subjects of this research were 35 students in class VII F. Based on the research results, it shows that the application of Treasure Hunt learning media is able to improve student learning outcomes significantly. This is shown by the increase in the number of students who reach the Minimum Completion Criteria (KKM) in each cycle. In cycle 1, completeness of student learning outcomes was 74.29%, cycle 2 was 79.41% and cycle 3 was 88.24%. The Outcome Achievement Indicator (IPH) target of ≥80% has been achieved in cycle 3. Apart from that, student activity in each cycle has also increased. In each cycle, improvements are seen in the aspects of asking, answering, arguing and collaborating. The first cycle showed a variety of activities with an increase in the second and third cycles, especially in students' opinions and active participation. Keywords: Learning Media, Treasure Hunt, Learning outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si ; 2). Saipiatuddin, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Putri Wulandari .
Date Deposited: 24 Jul 2024 05:29
Last Modified: 24 Jul 2024 05:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46258

Actions (login required)

View Item View Item