PENGEMBANGAN VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI SMK NEGERI 7 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE FUN LEARNING DENGAN TIKTOK

RENALDI ARDIANSYAH, . (2024) PENGEMBANGAN VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI SMK NEGERI 7 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE FUN LEARNING DENGAN TIKTOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Cover.pdf

Download (786kB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI SMK NEGERI 7 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE FUN LEARNING DENGAN TIKTOK RENALDI ARDIANSYAH Pembelajaran daring menyebabkan minat belajar menurun, prestasi siswa menurun terutama pada materi trigonometri. Ketika minat dan semangat belajar menurun, pembelajaran menjadi kurang maksimal dan siswa menjadi kurang tertarik terhadap pelajaran yang dipelajarinya. Salah satu cara untuk mengembalikan minat dan semangat belajar siswa adalah dengan memperkenalkan metode pembelajaran berbasis video Tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran pada mata pelajaran matematika materi trigonometri SMK Negeri 7 Jakarta menggunakan metode fun learning dengan Tiktok. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode R&D (Research & Development) Sugiyono yang terdiri dari 10 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujcoba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Terdapat tiga jenis data yang diuji oleh peneliti: uji validasi ahli materi, uji validasi ahli media, dan uji responden/siswa. Hasil uji validasi ahli materi mencapai 96% dan dinyatakan sangat layak, sedangkan uji validasi ahli media mencapai 90.5% dan dinyatakan sangat layak. Sehingga produk video pembelajaran layak digunakan oleh peserta didik SMK Negeri 7 Jakarta sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Matematika, Video, Tiktok, Trigonometri, Fun Learning. ABSTRACT DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA VIDEOS ON MATHEMATICS SUBJECTS TRIGONOMETRY MATERIAL AT SMK NEGERI 7 JAKARTA USING FUN LEARNING METHOD WITH TIKTOK RENALDI ARDIANSYAH Online learning causes interest in learning to decrease, student achievement decreases, especially in trigonometry material. When interest and enthusiasm for learning decreases, learning becomes less than optimal and students become less interested in the lessons they are studying. One way to restore students' interest and enthusiasm for learning is to introduce the TikTok video-based learning method. This research aims to develop learning videos for the trigonometry mathematics subject at SMK Negeri 7 Jakarta using the fun learning method with Tiktok. The development of this learning media uses Sugiyono's R&D (Research & Development) method which consists of 10 stages, namely potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision, usage trials, product revision, and mass production. There are three types of data tested by researchers: material expert validation test, media expert validation test, and respondent/student test. The material expert validation test results reached 96% and were declared very feasible, while the media expert validation test reached 90.5% and were declared very feasible. So that the learning video product is suitable for use by students of SMK Negeri 7 Jakarta as a learning medium. Keywords: Learning Media, Mathematics, Video, Tiktok, Trigonometry, Fun Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Z.E. Ferdi Fauzan Putra, S.Pd., M.Pd.T. ; 2). Irma Permata Sari, M.Eng.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Renaldi Ardiansyah .
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:01
Last Modified: 26 Jul 2024 03:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46332

Actions (login required)

View Item View Item