MODEL PEMBELAJARAN LUAR RUANG PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS OUTDOOR ADVENTURE EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS

IKHWAN SETIAWAN, . (2024) MODEL PEMBELAJARAN LUAR RUANG PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS OUTDOOR ADVENTURE EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (968kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (423kB)
[img] Text
Lampiran_daftar riwayat hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan menguji efektifitas model pembelajaran luar ruang pendidikan jasmani berbasis outdoor adventure education untuk meningkatkan kebugaran siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian ini menggunakan research and development (R&D) model Borg and Gall. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA 22 PGRI Serpong dengan jumlah subyek 15 orang untuk uji coba kecil, 20 orang untuk uji coba besar dan uji efektifitas sebesar 60 orang yang terdiri dari 30 orang kelompok eksperimen dan 30 orang kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dengan angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran luar ruang pendidikan jasmani berbasis outdoor adventure education dapat diterapkan untuk meningkatkan kebugaran siswa kelas X Sekolah Menengah Atas, (2) Uji kelayakan model pembelajaran luar ruang pendidikan jasmani berbasis outdoor adventure education dinyatakan layak (3) uji efektifitas model pembelajaran luar ruang pendidikan jasmani berbasis outdoor adventure education menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil kebugaran jasmani siswa. Hasil uji N-Gain Skor kelompok eksperimen diperoleh nilai Mean= 62.8843 atau sama dengan 63% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sedangkan, Hasil uji N-gain Skor kelompok kontrol diperoleh nilai Mean= 24.0860 atau sama dengan 24 % termasuk dalam kategori tidak efektif. Maka dapat disimpulkan model pembelajaran luar ruang pendidikan jasmani berbasis outdoor adventure education cukup efektif untuk hasil peningkatan kebugaran siswa kelas X Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si 2) Dr. Hernawan, SE., M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 23816 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:46
Last Modified: 30 Jul 2024 03:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46720

Actions (login required)

View Item View Item