RIA MASYITA, . (2024) DESAIN UI/UX PADA GAME EDUKASI ALGORITMA REINFORCEMENT LEARNING MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKART.
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (262kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam era digital, pemahaman tentang Algoritma Reinforcement Learning (RL) sangat penting, terutama bagi mahasiswa kecerdasan buatan. Namun, pembelajaran RL sering menghadapi tantangan karena sifatnya yang abstrak. Untuk mengatasi hal ini, dikembangkan Game Edukasi Algoritma RL yang menggabungkan visualisasi grafis dan gamifikasi guna membuat pembelajaran RL lebih interaktif dan menarik. Pendekatan yang digunakan adalah User-Centered Design (UCD), yang menempatkan kebutuhan pengguna sebagai fokus utama. Observasi dan wawancara dengan mahasiswa menunjukkan bahwa metode tradisional kurang efektif, sedangkan metode interaktif dan visual lebih disukai. Game ini memiliki fitur visualisasi interaktif, kuis, dan feedback instan. Aspek UI dan UX dirancang agar intuitif dan menarik, memastikan pengalaman pengguna yang optimal. Evaluasi menggunakan heuristic evaluation dan System Usability Scale (SUS) menunjukkan tingkat usabilitas yang tinggi dan penerimaan positif dari pengguna. Hasil pengembangan dan evaluasi menunjukkan bahwa Game Edukasi Algoritma RL dapat menjadi alat bantu yang efektif, membantu mahasiswa memahami dan mengaplikasikan konsep RL dalam pengembangan aplikasi kecerdasan buatan. ; In the digital era, understanding Reinforcement Learning (RL) algorithms is crucial, especially for artificial intelligence students. However, learning RL faces challenges due to its abstract nature. To address this, the RL Algorithm Educational Game was developed, combining graphic visualization and gamification to make RL learning more interactive and engaging. The approach used is User-Centered Design (UCD), focusing on user needs. Observations and interviews with students showed that traditional methods are less effective, while interactive and visual methods are preferred. The game features interactive visualizations, quizzes, and instant feedback. The UI and UX aspects are designed to be intuitive and engaging, ensuring an optimal user experience. Evaluation using heuristic evaluation and the System Usability Scale (SUS) showed high usability and positive user reception. The development and evaluation results indicate that the RL Algorithm Educational Game can be an effective tool, helping students understand and apply RL concepts in developing artificial intelligence applications.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Irma Permata Sari, S.Pd M.Eng. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Users 23833 not found. |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 03:03 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 03:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46725 |
Actions (login required)
View Item |