NAUFAL AQIL VIRGIO SOPANDI, . (2024) PENGARUH PENAMBAHAN HARDENER TERHADAP KARAKTERISTIK COATING POLYURETHANE. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGRI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (357kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada proses pelapisan permukaan material atau biasa disebut coating polyurethane adalah pelapisan substrad yang melekat secara permanen yang pastinya ketika sudah melewati masa pengeringan atau solidikasi. Coating sendiri memiliki daya Tarik yang sangat penting untuk body kendaraan, dengan demikian tidak akan bisa dengan maksimal apabila tidak menggunakan beberapa komposisi dari cat polyurethane, hardener dan thinner. Maka dari itu pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi yang lebih baik antara cat polyurethane, hardener dan juga thinner. Pada pengujian ketebalan, uji daya lekat dan uji bending dengan menggunakan perbandingan variasi angka antara 4:2:2, 4:3:2 dan 4:4:2 dengan menggunakan metode dalam pengeringan membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 12 jam. Oleh karena itu pengujian yang didapat yaitu tingkat ketebalan yang didapat lebih tinggi karna dalam pengujian ketebalan nilai tertinggi yang di dapat sekitar 39,0 µm dan untuk nilai terendah sekitar 29,42 µm. Sementara untuk proses data dalam uji lekat dengan menggunakan metode cross cut hasil yang di dapat ditunjuk hasil yang baik yaitu 5B. Pada uji bending dengan variasi hardener 4:2:2, 4:3:2 dan 4:4:2 juga menunjukkan tidak adanya kretakan pada cat, sehingga didapatkan hasil yang baik. In the process of coating the surface of the material or commonly called coating, it is a substard coating that is permanently attached which of course when it has passed the drying or solidification period. Coating itself has a very important attraction for the vehicle body, so it will not be able to be maximized if you do not use several compositions of polyurethane paint, hardener and thinner. Therefore, this study aims to find out better variations between polyurethane paints, hardeners and thinners. In the thickness test, the adhesion test and bending test using a comparison of numerical variations between 4:2:2, 4:3:2 and 4:4:2 using the method in drying takes approximately 8 hours. Therefore, the test obtained is the level of thickness obtained is higher because in the thickness test the highest value obtained is around 39.0 μm and for the lowest value is around 29.42 μm. Meanwhile, for the data process in the adhesion test using the cross cut method, the results can show good results, namely 5B. Bending tests with hardener variations of 4:2:2, 4:3:2 and 4:4:2 also showed that there were no cracks in the paint, so good results were obtained.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ferry Budhi Susetyo, M.T., M.Si. 2). Drs. Syamsuir, M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik Teknologi dan Ilmu Terapan > Manufaktur |
Divisions: | FT > D IV Teknologi Rekayasa Manufaktur |
Depositing User: | Users 23374 not found. |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 06:15 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 06:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46827 |
Actions (login required)
View Item |