Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Sistem Pengapian Capasitor Discharge Ignition Direct Current Sepeda Motor terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Praktik Kelistrikan Sepeda Motor di SMKN 39 Jakarta

MUHAMAD IRZA ARDHANA, . (2024) Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Sistem Pengapian Capasitor Discharge Ignition Direct Current Sepeda Motor terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Praktik Kelistrikan Sepeda Motor di SMKN 39 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan alat bantu pembelajaran untuk sistem pengapian sepeda motor CDI-DC. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain "control group pre-test post-test." Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI Teknik Bisnis dan Sepeda Motor di SMKN 39 Jakarta, yang terdiri dari satu kelas 35 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling atau sampling jenuh, di mana dibagi menjadi dua kelompok yaitu 18 orang kelompok kontrol dan 17 orang kelompok eksperimen. Analisis data menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam hasil belajar mengenai materi sistem pengapian CDI-DC sepeda motor pada pre-test sebelum penggunaan alat bantu pembelajaran CDI-DC. Namun, setelah menggunakan alat bantu tersebut (post-test), terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar. Rata-rata nilai siswa yang tidak menggunakan alat bantu pembelajaran adalah 63,66%, sementara rata-rata nilai siswa yang menggunakan alat bantu tersebut adalah 71,66%. Ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa ketika menggunakan alat bantu pembelajaran untuk sistem pengapian CDI-DC sepeda motor. This study aims to evaluate how much student learning outcomes have improved before and after using learning aids for the CDI-DC motorbike ignition system. The research method used was an experiment with a "control group pre-test post-test" design. The research population included all students in class XI Business and Motorcycle Engineering at SMKN 39 Jakarta, consisting of one class of 35 students. Sampling was carried out using total sampling or saturated sampling techniques, which were divided into two groups, namely 18 people in the control group and 17 people in the experimental group. Data analysis shows that there is no significant difference in learning outcomes regarding motorbike CDI-DC ignition system material in the pre-test before using the CDI-DC learning aids. However, after using these tools (post-test), there was a significant increase in learning outcomes. The average score of students who do not use learning aids is 63.66%, while the average score of students who use these aids is 71.66%. This shows a significant increase in student learning outcomes when using learning aids for motorbike CDI-DC ignition systems

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Drs. Sopiyan, M.Pd. 2. Drs. Tri Bambang AK, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 22687 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2024 23:52
Last Modified: 28 Jul 2024 23:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46858

Actions (login required)

View Item View Item