PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH MEKANIKA BAHAN PENDIDIKAN VOKASIONAL KONSTRUKSI BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

YUSRINA LUTHFIANA, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH MEKANIKA BAHAN PENDIDIKAN VOKASIONAL KONSTRUKSI BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, yaitu multimedia interaktif, pada mata kuliah Mekanika Bahan di Program Studi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan, sehingga terdapat media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran di kelas dan pembelajaran mandiri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah riset dan pengembangan yang mengacu pada model desain instruksional Lee and Owens. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data analisa kebutuhan, uji kelayakan produk oleh ahli, dan penilaian produk oleh pengguna. Hasil dari pengembangan produk adalah 14 buah produk multimedia interaktif yang disesuaikan dengan jumlah pertemuan. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan persentase rata-rata sebesar 89% dan di kategori sangat layak, serta hasil validasi oleh materi mendapatkan persentase rata-rata sebesar 91% dan di kategori sangat layak. Hasil penilaian produk oleh pengguna mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,01 dan di kategori baik, serta mendapatkan respon dan tanggapan positif dari pengguna terhadap produk yang dibuat. This research aims to develop learning media, interactive multimedia, in the Mechanics of Materials course in the Vocational Education in Building Construction Study Program, so that there are learning media that can support classroom learning and independent learning. The method used in this research is research and development which refers to the instructional design model Lee and Owens. This study uses a questionnaire to collect needs assessment data, product feasibility tests by experts, and product assessment by users. The results of product development are 14 interactive multimedia products that are adjusted to the number of meetings. The results of validation by media experts get an average percentage of 89% and in the very feasible category, and the results of validation by material experts get an average percentage of 91% and in the very feasible category. The results of product assessment by users get an average of 4,01 and in the good category, as well as getting positives responses from users of the products made.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Sittati Musalamah, MT ; 2) Dr. Riyan Arthur, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 986 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 11:53
Last Modified: 08 Apr 2020 11:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4697

Actions (login required)

View Item View Item