Analisis Aliran Fluida Pada Dynamometer Test Tipe Water Brake Menggunakan Computational Fluid Dynamics

RIDWAN SETIANTO, . (2024) Analisis Aliran Fluida Pada Dynamometer Test Tipe Water Brake Menggunakan Computational Fluid Dynamics. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy

Abstract

Dynamometer test water brake menggunakan fluida sebagai media pembebanan untuk pengujian performa mesin motor bakar dengan cara mengubah energi mekanik menjadi energi panas melalui gesekan cairan dalam rotor dan stator. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aliran fluida pada dynamometer test water brake menggunakan simulasi Computational Fluid Dynamics dengan fokus pada tekanan, kecepatan, dan turbulensi. pada variasi kecepatan rotor sebesar 1500 RPM, 2000 RPM, 2500 RPM, 3000 RPM, dan 3500 RPM, serta debit inlet sebesar 10 l/m, 15 l/m, dan 20 l/m. Hasil menunjukkan tekanan statis minimum menciptakan efek hisap di sekitar rotor, sementara tekanan maksimum meningkat dengan kecepatan putaran dan debit inlet. Tekanan total menunjukkan variasi signifikan pada 2000 RPM dan 3000 RPM karena resonansi aliran fluida. Kecepatan fluida meningkat tajam pada 3000 RPM akibat resonansi, kemudian stabil pada kecepatan lebih tinggi. Distribusi turbulensi menunjukkan stabilitas dengan Turbulent Kinetic Energy yang homogen dan intensitas turbulensi yang meningkat pada kecepatan dan debit inlet yang lebih tinggi. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan desain dan operasi dynamometer test water brake, serta memberikan rekomendasi untuk validasi eksperimental dan optimasi performa sistem. The water brake test dynamometer uses fluid as a loading medium for testing the performance of combustion motor engines by converting mechanical energy into heat energy through fluid friction in the rotor and stator. This research aims to analyze fluid flow in the water brake test dynamometer using Computational Fluid Dynamics simulation with a focus on pressure, velocity, and turbulence. at variations in rotor speed of 1500 RPM, 2000 RPM, 2500 RPM, 3000 RPM, and 3500 RPM, as well as inlet discharge of 10 l/m, 15 l/m, dan 20 l/m. Results show the minimum static pressure creates a suction effect around the rotor, while the maximum pressure increases with rotation speed and inlet discharge. The total pressure shows significant variations at 2000 RPM and 3000 RPM due to fluid flow resonance. The fluid velocity increases sharply at 3000 RPM due to resonance, then stabilizes at higher speeds. The turbulence distribution showed stability with homogeneous Turbulent Kinetic Energy and increased turbulence intensity at higher inlet velocity and discharge. The results of this study can be used to optimize the design and operation of the water brake test dynamometer, as well as provide recommendations for experimental validation and system performance optimization.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Dr. Wardoyo, M.T. 2). Dr. Dyah Arum Wulandari, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Hidraulik, Pelabuhan, Irigasi
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Manufaktur
Divisions: FT > D IV Teknologi Rekayasa Manufaktur
Depositing User: Users 23981 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:37
Last Modified: 29 Jul 2024 02:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47055

Actions (login required)

View Item View Item