NURUL IYYAKA LABIBAH, . (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (709kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (357kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT berbasis kontekstual terhadap pemahaman konsep siswa pada materi hukum dasar kimia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi-experimental. Sebanyak 72 siswa kelas X SMA Negeri 71 dipilih dengan purposive sampling menjadi sampel penelitian. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, berdasarkan nilai yang diperoleh pada semester sebelumnya. Siswa pada kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran REACT berbasis kontekstual, sedangkan kelompok kontrol menggunakan model discovery learning. Soal esai sebanyak 10 pertanyaan digunakan pada penelitian ini untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Data yang diperoleh pada analisis menggunakan independent t-test dan paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen meningkat sebesar 45,33, sedangkan pada kelas kontrol hanya meningkat sebesar 34,42. Nilai cohens’d menunjukkan bahwa efek yang diberikan pada kelas eksperimen (d = 2,866) lebih besar dibandingkan kelas kontrol (d = 2,125), sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran hukum dasar kimia menggunakan strategi pembelajaran REACT berbasis kontekstual lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dibandingkan kelompok kontrol dengan discovery learning.*****This research aims to determine the effect of contextual-based REACT learning strategies on students' conceptual understanding of basic chemistry legal material. This research uses quantitative methods with a quasi-experimental research design. A total of 72 class X students of SMA Negeri 71 were selected using purposive sampling to become the research sample. The sample was divided into two groups, namely the experimental group and the control group, based on the grades obtained in the previous semester. Students in the experimental class used contextual-based REACT learning strategies, while the control group used the discovery learning model. Essay questions totaling 10 questions were used in this research to measure students' understanding of concepts. The data obtained in the analysis used independent t-test and paired sample t-test. Based on the research results, it was found that the average value of students' conceptual understanding in the experimental class increased by 45.33, while in the control class it only increased by 34.42. The Cohens'd value shows that the effect given to the experimental class (d = 2.866) is greater than the control class (d = 2.125), so it can be concluded that learning the basic laws of chemistry using contextual-based REACT learning strategies is more effective in increasing students' understanding of concepts compared to control group with discovery learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Erdawati, M.Sc. ; 2). Edith Allanas, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 23887 not found. |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 06:35 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 06:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47057 |
Actions (login required)
View Item |