AHMAD RAMADHANI, . (2024) Analisa dan Re-Design Chasis Dinamometer untuk Mesin Diesel MDX 170 F Menggunakan Simulasi FEM. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendesain ulang chasis dinamometer tipe waterbreak yang digunakan untuk mesin diesel MDX 170 F dengan memanfaatkan simulasi Metode Elemen Hingga (FEM). Dinamometer tipe waterbreak sering digunakan untuk mengukur performa mesin diesel, namun chasis yang tidak optimal dapat menyebabkan ketidakakuratan hasil pengukuran dan masalah keandalan. Metodologi penelitian meliputi analisis awal kondisi chasis eksisting, identifikasi masalah struktural, dan penerapan simulasi FEM untuk mengevaluasi tegangan dan deformasi yang terjadi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa chasis memiliki beberapa titik kelemahan yang signifikan yang dapat mengakibatkan kegagalan struktural pada beban tertentu. Berdasarkan hasil analisis pada model awal menunjukan nilai maksimum deformasi 1,15E-04, nilai maksimum regangan 7,56E-04, nilai maksimum tegangan 1,16E+08 dan safety factor 0,743. Simulasi ulang pada desain baru menunjukkan perubahan yang tidak terlalu signifikan dalam distribusi tegangan dan penurunan deformasi dengan nilai maksimum 1,18E-04, nilai maksimum regangan 4,44E-04, nilai maksimum tegangan 7,62E+07 dan safety factor 1,1316 hal ini dikarenakan hanya menambahkan beberapa part pada re-design. Sementara itu pada simulasi model 2 menunjukan hasil simulasi yang signifikan dengan nilai maksimum deformasi 6,95E-05, nilai maksimum regangan 2,10E-04, nilai maksimum tegangan 3,12E+07, dan nilai safety factor 4,2345. Kesimpulan penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan simulasi FEM dalam proses desain dan pengembangan komponen mekanis untuk memastikan performa yang optimal dan keandalan tinggi. Kata Kunci: Analisis Tegangan dan Regangan, Dinamometer, Mesin Diesel, Re�Design, Simulasi FEM, Waterbreak. This study aims to analyze and redesign the waterbreak type dynamometer chassis used for MDX 170 F diesel engine by utilizing Finite Element Method (FEM) simulation. Waterbreak-type dynamometers are often used to measure diesel engine performance, but an unoptimized chassis can lead to inaccurate measurement results and reliability issues. The research methodology includes preliminary analysis of the existing chassis condition, identification of structural problems, and application of FEM simulation to evaluate the stresses and deformations that occur. The simulation results show that the chassis has several significant weak points that can result in structural failure under certain loads. Based on the analysis of the initial model, the maximum deformation value is 1.15E-04, the maximum strain value is 7.56E-04, the maximum stress value is 1.16E+08 and the safety factor is 0.743. The re-simulation of the new design shows a less significant change in stress distribution and a decrease in deformation with a maximum value of 1.18E-04, a maximum value of strain of 4.44E-04, a maximum value of stress of 7.62E+07 and a safety factor of 1.1316 this is due to only adding a few parts to the re-design. Meanwhile, the simulation of model 2 shows significant simulation results with a maximum deformation value of 6.95E-05, a maximum strain value of 2.10E-04, a maximum stress value of 3.12E+07, and a safety factor value of 4.2345. The conclusion of this research confirms the Keywords: Stress and Strain Analysis, Dynamometer, Diesel Engine, Re-Design, FEM Simulation, Waterbreak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Wardoyo, M.T. 2). Dr. Eko Arif Syaefudin, M.T |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik Teknologi dan Ilmu Terapan > Manufaktur |
Divisions: | FT > D IV Teknologi Rekayasa Manufaktur |
Depositing User: | Users 24061 not found. |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 03:00 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 03:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47073 |
Actions (login required)
View Item |