PENGEMBANGAN E-LKPD (ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) MENGGUNAKAN PHET SIMULATION PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KETENAGALISTRIKAN DI SMKN 55 JAKARTA

NASYWA NUR TSABITAH, . (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD (ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) MENGGUNAKAN PHET SIMULATION PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KETENAGALISTRIKAN DI SMKN 55 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (958kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan Kemendikbud No 17/M/2021 mempengaruhi adanya perubahan dalam mengadaptasi teknologi untuk pengembangan pembelajaran yang semakin canggih, mudah serta menyenangkan bagi para siswa. Namun, berdasarkan fakta dan data menunjukkan bahwa pembelajaran mata pelajaran dasar dasar ketenagalistrikan di SMKN 55 Jakarta belum terintegrasi teknologi untuk pembelajaran yang lebih canggih dan menarik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini (1) menghasilkan E-LKPD berbasis model pembelajaran POE menggunakan PhET Simulation pada mata pelajaran dasar dasar ketenagalistrikan di SMKN 55 Jakarta (2) menyatakan Kelayakan E-LKPD (3) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap E-LKPD. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengambangan (RnD) dengan model waterfall. Uji coba produk dilakukan oleh para ahli media, materi dan peserta didik. Uji coba peserta didik dilakukan sebanyak 2 kali yaitu uji one to one menggunakan 3 orang siswa dan uji field test menggunakan 29 siswa. Analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari validasi ahli dan respon peserta didik. Hasil penelitian E-LKPD berbasis model pembelajaran POE menggunakan PhET Simulation oleh ahli media memperoleh nilai rata-rata kevalidan 0,97 dengan kriteria sangat valid, penilaian ahli materi memperoleh nilai rata-rata kevalidan 0,89 dengan kriteria sangat valid. Respons peserta didik terhadap E-LKPD pada uji coba one to one memperoleh nilai 93,33% dengan kategori sangat baik dan pada uji field test memperoleh nilai 93,21% dengan kategori sangat baik. ************************************************************ Ministry of Education and Culture Policy No. 17/M/2021 influences changes in adapting technology to develop learning that is increasingly sophisticated, easy and fun for students. However, based on facts and data, it shows that the learning of basic electricity subjects at SMKN 55 Jakarta has not been integrated with technology for more sophisticated and interesting learning. The objectives of this research and development are (1) to produce E-LKPD based on the POE learning model using PhET Simulation in basic electricity subjects at SMKN 55 Jakarta (2) to state the feasibility of E-LKPD (3) to describe students' responses to E-LKPD. The type of research used is floating (RnD) with a waterfall model. Product trials were carried out by media, material and student experts. Student trials were carried out 2 times, namely a one to one test using 3 students and a field test using 29 students. Data analysis uses qualitative and quantitative data obtained from expert validation and student responses. The results of the E-LKPD research based on the POE learning model using PhET Simulation by media experts obtained an average validity value of 0.97 with very valid criteria, material expert assessments obtained an average validity value of 0.89 with very valid criteria. The students' response to E-LKPD in the one to one trial obtained a score of 93.33% in the very good category and in the field test they obtained a score of 93.21% in the very good category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muksin, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Suyitno, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 23907 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 23:25
Last Modified: 29 Jul 2024 23:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47077

Actions (login required)

View Item View Item