PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MIKRO PADA WEBSITE GOOGLE SITES BERBANTUAN TIKTOK UNTUK MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA KELAS X

MAULIDA RIZKI AULIA ZAHRA, . (2024) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MIKRO PADA WEBSITE GOOGLE SITES BERBANTUAN TIKTOK UNTUK MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Maulida Rizki Aulia Zahra_1303620037_Cover Skripsi Final Repository.pdf

Download (982kB)
[img] Text
Maulida Rizki Aulia Zahra_1303620037_BAB I Skripsi Repository.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Maulida Rizki Aulia Zahra_1303620037_BAB II Skripsi Final Repository.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
Maulida Rizki Aulia Zahra_1303620037_BAB III Skripsi Final Repository.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
Maulida Rizki Aulia Zahra_1303620037_BAB IV Skripsi Final Repository.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Maulida Rizki Aulia Zahra_1303620037_BAB V Skripsi Final Repository.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
Maulida Rizki Aulia Zahra_1303620037_Daftar Pustaka Skripsi Final Repository.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Maulida Rizki Aulia Zahra_1303620037_Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup Skripsi Final Repository.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran mikro pada website Google Sites berbantuan Tiktok dalam mendukung pembelajaran materi struktur atom kimia kelas X. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Januari sampai Juni 2024 di SMAN 107 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Pembelajaran mikro yang dikembangkan menggunakan format infografis, video animasi pembelajaran, PowerPoint, dan podcast sehingga peserta didik dapat menerima materi secara visual (melalui infografis dan PPT) dan audio-visual (melalui video pembelajaran dan podcast). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian yaitu analisis pendahuluan dan kebutuhan, perencanaan produk, pengembangan produk, validasi produk oleh ahli dan revisi, uji coba oleh guru dan peserta didik, kemudian revisi akhir produk. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh sebesar 0,861 dan ahli materi bahasa sebesar 0,859 yang keduanya diinterpretasikan sangat valid. Kemudian, hasil uji coba oleh 2 orang guru kimia diperoleh persentase sebesar 99,63%; uji coba skala kecil oleh 15 orang peserta didik sebesar 88%; uji coba skala besar oleh 72 orang peserta didik sebesar 90% untuk media dan 85% untuk motivasi belajar pada pembelajaran mikro yang keempatnya diinterpretasikan sangat baik. Berdasarkan interpretasi yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran mikro pada website Google Sites berbantuan Tiktok yang dikembangkan sudah memenuhi kebutuhan peserta didik dan guru serta layak digunakan dalam pembelajaran struktur atom. /**** This study aims to develop micro-learning on the Google Sites website assisted by Tiktok in supporting learning of class X chemical atomic structure material. This research was conducted from January to June 2024 at SMAN 107 Jakarta. This type of research is research and development (Research and Development) with the ADDIE model. The micro learning developed uses infographics, animated learning videos, PowerPoint, and podcast formats so that students can receive material visually (through infographics and PPT) and audio-visually (through learning videos and podcasts). The stages carried out in the research are preliminary and needs analysis, product design, product development, product validation by experts and revision, trial by teachers and students, then final product revision. The results of validation by media experts were obtained at 0,861 and language material experts at 0,859, both of which were interpreted as very valid. Then, the results of trials by 2 chemistry teachers obtained a percentage of 99.63%; small scale trials by 15 students of 88%; large-scale trials by 72 students of 90% for media and 85% for learning motivation in micro-learning, all of which are interpreted as very good. Based on the interpretation obtained, it shows that the microlearning on the Google Sites website assisted by Tiktok developed has fulfilled the needs of students and teachers and deserves to be used in learning atomic structure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si. 2). Dr. Hanhan Dianhar, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 24059 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 00:21
Last Modified: 06 Aug 2024 00:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47081

Actions (login required)

View Item View Item