PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN AUGMENTED REALITY TERHADAP DISPOSISI BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA TOPIK KIMIA HIJAU

LAUZER ZERAL, . (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN AUGMENTED REALITY TERHADAP DISPOSISI BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA TOPIK KIMIA HIJAU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK LAUZER ZERAL. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan Augmented Reality Tehadap Disposisi Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Topik Kimia Hijau. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2024. Sebagian besar peserta didik sekolah menengah atas di Indonesia memiliki kecenderungan memiliki disposisi berpikir kritis yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dari penerapan pembelajaran berbasis permainan augmented reality terhadap disposisi berpikir kritis peserta didik pada topik kimia hijau. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan menggunakan teknik pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 72 peserta didik tahun akademik 2023-2024 yang berasal dari 2 kelas. Satu kelas ditugaskan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok pembanding dengan menggunakan convenience sampling. Disposisi berpikir kritis peserta didik diperoleh dari Kuesioner Disposisi Berpikir Kritis (KDBK). KDBK berisikan 11 pernyataan, diantaranya 7 pernyataan terkait keterbukaan kritis dan 5 pernyataan mengenai skeptisisme reflektif. Kelas eksprimen menggunakan pembelajaran berbasis permainan augmented reality, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan uji-t tidak berpasangan dan berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbantuan teknologi augmented reality memberikan pengaruh positif terhadap disposisi berpikir kritis peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis permainan augmented reality efektif untuk meningkatkan disposisi berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan temuan ini, guru direkomendasikan untuk menerapkan pembelajaran berbasis permainan augmented reality untuk meningkatkan disposisi berpikir kritis peserta didik pada topik kimia hijau dan topik kimia lainnya. Kata Kunci: pembelajaran berbasis permainan, augmented reality, disposisi berpikir kritis, kimia hijau. ***** ABSTRACT LAUZER ZERAL. The Effect of Augmented Reality Game-Based Learning on Critical Thinking Disposition in Green Chemistry. Mini Thesis, Chemistry Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Jakarta. 2024 Most high school students in Indonesia tend to have a poor critical thinking disposition. This research aims to determine the positive influence of implementing augmented reality game-based learning on students' critical thinking dispositions on the topic of green chemistry. The research method used is quasi-experimental using pretest-posttest design techniques. The sample in this study consisted of 72 students from the 2023-2024 academic year from 2 classes. One class was assigned as an experimental group and a comparison group using convenience sampling. Students' critical thinking dispositions are obtained from the Critical Thinking Disposition Questionnaire (KDBK). KDBK contains 11 statements, including 7 statements regarding critical openness and 5 statements regarding reflective skepticism. The experimental class uses augmented reality game-based learning, while the control class uses conventional learning. The data obtained were analyzed using unpaired and paired t-tests. The research results show that the application of learning assisted by augmented reality technology has a positive influence on students' critical thinking disposition. It can be concluded that the application of augmented reality game-based learning is effective in improving students' critical thinking disposition. Based on these findings, it is recommended that teachers implement augmented reality game-based learning to improve students' critical thinking dispositions on green chemistry topics and other chemistry topics. Keywords: game-based learning, augmented reality, critical thinking disposition, green chemistry.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Irwanto, M.Pd. 2. Irwan Saputra, M.Si., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 22736 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:20
Last Modified: 30 Jul 2024 01:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47138

Actions (login required)

View Item View Item