STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL HUMAS POLDA METRO JAYA DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF POLISI

YOHANA CHRISTINE APILIA, . (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL HUMAS POLDA METRO JAYA DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF POLISI. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)

Abstract

Di era digital yang terus mengalami kemajuan, peran media sosial menjadi penting dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap institusi publik. Penggunaan media sosial, terutama Instagram telah menjadi platform yang sangat populer di kalangan berbagai lapisan masyarakat, termasuk di Indonesia. Termasuk Polda Metro Jaya sebagai salah satu institusi kepolisian terbesar di Indonesia, mereka menggunakan Instagram sebagai alat komunikasi dalam membentuk citra positif di masyarakat.Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dari akun Instagram resmi Humas Polda Metro Jaya. Penelitian ini menganalisis berbagai postingan, termasuk foto, video, caption, dan interaksi dengan pengikut, untuk mengidentifikasi elemen-elemen kunci dalam strategi komunikasi digital yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi digital Humas Polda Metro Jaya dalam membentuk citra positif di masyarakat yaitu menggunakan Instagram sebagai media komunikasi penyebaran citra tersebut. Di dalam media sosial Instagram Humas Polda Metro Jaya terdapat interaksi antara polisi dan masyarakat yang membantu Humas Polda Metro Jaya membentuk citra positif. Mereka mengunggah konten yang informatif dan humanis. Penggunaan bahasa yang komunikatif dan ramah dalam caption membantu mendekatkan polisi dengan masyarakat. Serta, interaksi aktif dengan pengikut melalui komentar dan pesan langsung meningkatkan pembentukan citra positif tersebut. Selain itu terdapat hambatan yang harus di atasi seperti konten yang sulit di mengerti, keterbatasan penggunaan bahasa, latar belakang pendidikan masyarakat yang rendah, atau kelalaian dari si pembuat konten. Melalui penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa strategi komunikasi digital Instagram yang diterapkan oleh Humas Polda Metro Jaya efektif dalam membentuk citra positif polisi di masyarakat. Namun, untuk mencapai hasil yang lebih optimal, perlu adanya upaya terus-menerus dalam mengembangkan strategi, meningkatkan kualitas konten, serta memperkuat interaksi dengan masyarakat melalui platform digital lainnya. ***** In the digital era that continues to progress, the role of social media is important in shaping public perceptions of public institutions. The use of social media, especially Instagram, has become a very popular platform among various levels of society, including in Indonesia. Including Polda Metro Jaya as one of the largest police institutions in Indonesia, they use Instagram as a communication tool in forming a positive image in society. The research approach used by researchers is descriptive qualitative with data collection techniques through interviews, observation from the official Instagram account of Polda Metro Jaya Public Relations. This research analyzes various posts, including photos, videos, captions, and interactions with followers, to identify key elements in the digital communication strategy implemented. The research results show that the digital communication strategy of Polda Metro Jaya Public Relations in forming a positive image in society is using Instagram as a communication medium for disseminating this image. In the Polda Metro Jaya Public Relations Instagram social media, there is interaction between the police and the public which helps the Polda Metro Jaya Public Relations form a positive image. They upload informative and humanistic content. Using communicative and friendly language in captions helps bring the police closer to the community. Also, active interaction with followers through comments and direct messages increases the formation of this positive image. Apart from that, there are obstacles that must be overcome, such as content that is difficult to understand, limited use of language, people's low educational background, or negligence on the part of the content creator. Through this research, the author can conclude that the Instagram digital communication strategy implemented by Public Relations of Polda Metro Jaya is effective in forming a positive image of the police in society. However, to achieve more optimal results, continuous efforts are needed to develop strategies, improve content quality, and strengthen interactions with the community through other digital platforms.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Mentari Anugrah Imsa, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Users 23545 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2024 00:12
Last Modified: 02 Aug 2024 00:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47148

Actions (login required)

View Item View Item