PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA KELAS X SMA NEGERI 6 BEKASI

KHAIRUL FAHMI, . (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA KELAS X SMA NEGERI 6 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (328kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

KHAIRUL FAHMI. Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan PMRI pada Materi Eksponen dan Logaritma Kelas X SMAN 6 Kota Bekasi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2024. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa produk multimedia interaktif dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi sistem eksponen dan logaritma kelas X SMA. Berdasarkan pendefinisian masalah, materi yang diteliti adalah eksponen dan logaritma menggunakan pendekatan PMRI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, dan merujuk pada model 4-D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu 1) Pendefinisian; 2) Desain; 3) Pengembangan; dan 4) Penyebaran. Produk yang dihasilkan mendapat penilaian dari ahli dengan rincian sebesar 90% dari validasi ahli materi dan bahasa, dan sebesar 83 % dari validasi ahli media. Penilaian evaluasi uji coba guru kelompok kecil dan besar masing-masing 98% dan 98%. Penilaian evaluasi uji coba siswa kelompok kecil dan besar masing-masing 83% dan 88%. Adapun nilai rata-rata keseluruhan produk multimedia interaktif dengan pendekatan PMRI berdasarkan validasi dari ahli dan evaluasi uji coba adalah sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Oleh karena itu, produk multimedia interaktif dengan pendekatan PMRI dinyatakan valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi eksponen dan logaritma kelas X SMA. Kata kunci: multimedia interaktif, eksponen, logaritma, pendekatan PMRI, 4-D ***** KHAIRUL FAHMI. Development of Interactive Multimedia utilizing Indonesian Realistic Mathematical Approach on Material Exponents and Logarithms at Ten Grade of Six Senior High School Bekasi. Skripsi, Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Jakarta, July 2024. The purpose of this research is to develop learning media in the form of interactive multimedia products within indonesian realistic mathematical approach to the material exponent and logarithm for 10th of six senior high school Bekasi. Based on the problem definition, the materials studied is exponents and logarithms using an indonesian realistic mathematical approach. This research uses research and development methods, and refers to the 4-D model which consists of four stages, that are 1) Define; 2) Design; 3) Develop; and 4) Disseminate. The product result received an expert assessment with 90% from material and language expert validation, and 83% from media expert validation. The small and large group teacher trial evaluations were 98% and 98%, respectively. The evaluation assessment of the small and large groups of students was 83% and 88%, respectively. The overall average value of interactive multimedia with realistic mathematical approach based on expert validation and trial evaluation is 90% with very good criteria. Thus, interactive multimedia products with indonesian realistic mathematical approach are declared valid and suitable to be used as a medium for learning mathematics on material exponents and logarithms for class 10th of six senior high schoo Bekasil. Keywords: interactive multimedia, exponents, logarithms, indonesian realistic mathematical approach, 4-D

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ellis Salsabila, M.Si. 2). Dr. Eti Dwi Wiraningsih, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Matematika
Sains > Matematika > Software, Sistem Informasi Komputer
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 24109 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:50
Last Modified: 30 Jul 2024 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47185

Actions (login required)

View Item View Item