PENGARUH UPAYA PEMASARAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP BRAND AWARENESS MIXUE PADA MEME MIXUE PENGHUNI RUKO KOSONG (STUDI KUANTITATIF PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

Hayya Shofia, . (2024) PENGARUH UPAYA PEMASARAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP BRAND AWARENESS MIXUE PADA MEME MIXUE PENGHUNI RUKO KOSONG (STUDI KUANTITATIF PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sekitar akhir tahun 2022, viral di berbagai media sosial ‘meme Mixue penghuni ruko kosong'. Berdasarkan penelitian sebelumnya, upaya pemasaran media sosial dapat mempengaruhi brand awareness suatu produk atau jasa. Maka, peneliti tertarik ingin meneliti apakah ada pengaruh upaya pemasaran media sosial Instagram terhadap brand awareness Mixue pada ‘meme Mixue penghuni ruko kosong'. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya pemasaran media sosial Instagram @memecomic.id pada ‘meme Mixue penghuni ruko kosong'. Selain itu, untuk mengetahui brand awareness Mixue pada 'meme Mixue penghuni ruko kosong', serta untuk mengetahui pengaruh upaya pemasaran media sosial terhadap brand awareness Mixue pada 'meme Mixue penghuni ruko kosong'. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori media baru. Teori media baru atau dikenal juga sebagai media online. Pada teori media baru, media online menciptakan media yang lebih interaktif, fleksibel, dinamis, serta terbuka atau bersifat demokratis. Sehingga menciptakan cyberculture atau budaya siber dimana teknologi berpengaruh pada manusia. Dalam penelitian ini juga menggunakan konsep komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta yang berjumlah 431 orang. Dari jumlah populasi tersebut, 82 orang dipilih sebagai sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Untuk menguji validitas ada penelitian ini yaitu menggunakan uji Kaiser-Meyer Olkin dan Barlett’s Test. Sedangkan untuk mengetahui reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat dengan nilai mean serta analisis bivariat dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan dari variabel upaya pemasaran media sosial terhadap variabel brand awareness. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengaruh upaya pemasaran media sosial Instagram terhadap brand awareness Mixue dalam kategori kuat. Hasil penelitian peneliti berdasarkan mean menunjukkan hasil mean tertinggi yaitu pada dimensi hiburan dan kustomisasi. Dimana pada pada postingan ‘meme Mixue penghuni ruko kosong' terdapat unsur humor atau konten yang menghibur (entertainment) sehingga menarik audiens, terutama pada generasi Z yang banyak menyukai konten memes. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan audiens tertarik dengan konten dengan kustomisasi fitur penambahan lagu pada postingan konten. Pada variabel brand awareness menunjukkan hasil mean tertinggi yaitu pada dimensi pengenalan merek. Pada postingan ‘meme Mixue penghuni ruko kosong' selalu terdapat logo brand Mixue yaitu berupa badut maskot boneka salju sehingga responden dapat mudah mengenali dan mengingat brand Mixue. Penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya pemasaran media sosial berpengaruh terhadap brand awareness. Hal ini juga memperhatikan terlebih dahulu target audiens. Pada tahun 2022, pengguna media sosial terbanyak ialah generasi Z yang banyak menyukai konten memes atau konten yang menghibur. Sehingga upaya pemasaran media sosial berhasil menciptakan brand awareness, khususnya pada generasi Z dengan menggunakan strategi meme marketing. Keuntungan yang diperoleh konten dapat dengan mudah tersebar luas dan hanya dengan biaya produksi yang murah. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu, dapat memperluas cakupan responden sehingga dapat dibandingkan hasil penelitian yang didapatkan. ***** Around the end of 2022, the ‘Meme Mixue Penghuni Ruko Kosong ' went viral on various social media. Based on previous research, social media marketing can influence brand awareness of a product or service. So, researchers are interested in examining whether there is an influence of Instagram social media marketing on Mixue brand awareness in the ‘Meme Mixue Penghuni Ruko Kosong’. The aim of this research is to determine the social media marketing of Instagram @memecomic.id on ‘Meme Mixue Penghuni Ruko Kosong '. Apart from that, to find out Mixue's brand awcresareness on the ‘Meme Mixue Penghuni Ruko Kosong’, as well as to find out the influence of social media marketing on Mixue's brand awareness on 'Mixue memes of empty shophouse residents'. The theory used in this research is new media theory. New media theory or also known as online media. In new media theory, online media creates media that is more interactive, flexible, dynamic, and open or democratic. Thus creating cyberculture or cyber culture where technology has an influence on humans. This research also uses the concept of marketing communications. This research uses a positivism paradigm with a quantitative approach, and uses a survey method. The population used in this research were 431 Communication Science students at Jakarta State University. From this population, 82 people were selected as research samples using purposive sampling. To test the validity of this research, the Kaiser-Meyer Olkin test and Barlett's Test were used. Meanwhile, to determine reliability, use Cronbach Alpha. This research uses univariate analysis with mean values and bivariate analysis with simple linear regression analysis. The results of this research indicate that there is a significant influence of social media marketing variables on brand awareness variables. The results of this research also show that the influence of Instagram social media marketing on Mixue brand awareness is in the strong category. The results of the researcher's research based on the mean show the highest mean results, namely in the dimensions of entertainment and customization. Where in the post 'Meme Mixue of empty shophouse residents' there is an element of humor or entertaining content so that it attracts the audience, especially generation Z who likes a lot of meme content. In addition, the results of the study show that the audience is interested in the content by customizing the feature of adding songs to content posts. The brand awareness variable shows the highest mean result, namely in the brand recognition dimension. Apart from that, in the post ‘Meme Mixue Penghuni Ruko Kosong’ there is always the Mixue brand logo, namely a snowman mascot clown so that respondents can easily recognize and remember the Mixue brand. This research concludes that social media marketing efforts has an effect on brand awareness. This also pays attention first to the target audience. In 2022, the largest number of social media users will be generation Z who like memes or entertaining content. So social media marketing is successful in creating brand awareness, especially in generation Z by using meme marketing strategies. The profits obtained from content can be easily spread widely and only with low production costs. Suggestions for further research are to expand the scope of respondents so that the research results obtained can be compared.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Elisabeth Nugrahaeni P., M.Si. ; 2). Marisa Pusoita Sary, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 23571 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 22:48
Last Modified: 29 Jul 2024 22:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47188

Actions (login required)

View Item View Item