PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEORI VAN HIELE PADA MATERI GEOMETRI UNTUK JENJANG SMP

GALIH TRESNA NUGRAHA PERKASA, . (2024) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEORI VAN HIELE PADA MATERI GEOMETRI UNTUK JENJANG SMP. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran matematika pada materi geometri dengan dilengkapi Lembar Kerja Peserta Didik untuk peserta didik SMP kelas 7. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan MPI yang diawali dengan melakukan analisis kebutuhan instruksional melalui tes sederhana sehingga mendapatkan kesenjangan yang terjadi dalam kemampuan geometri sehingga dapat menentukan tujuan instruksional umum, lalu selanjutnya melakukan analisis instruksional dengan mengumpulkan kompetensi apa saja yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran agar mencapai tujuan intruksional umum, selanjutnya mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik dengan observasi wawancara dan memberikan kuisioner, selanjutnya mulai untuk merumuskan tujuan pembelajaran, tahapan ke lima menyusun alat tes, mengembangkan strategi instruksional dengan menggunakan pendekatan teori Van Hiele, tahapan terakhir pada penelitian ini mengembangkan bahan instruksional dimana dalam penelitian ini menggunakan LKPD yang telah dikompilasi dari berbagai macam sumber, lalu melakukan evaluasi formatif dengan ahli desain pembelajaran dan ahli materi setelah itu melakukukan uji coba dengan tiga tahapan uji one to one, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Hasil dari uji ahli pada ahli desain pembelajaran, pengembangan desain pembelajaran yang dikembangkan perlu dilakukan penyesuaian dari penjabaran TIU dan TIK, kategorisasi peserta didik, serta susuan pengembangan. Ahli materi secara keseluruhan materi yang disajikan sudah memadai dari sudut pandang materi, namun perlu dilakukan beberapa penyesuaian dari tes dan strategi instruksional. Setelah dilakukan revisi maka desain pembelajaran dapat diujicobakan kepada peserta didik kelas VII SMPN 2 Karawang Timur. Setelah dilakukan revisi yang didapatkan dari evaluasi pada uji coba one to one dan uji coba kelompok kecil hasil uji lpangan didapatkan 76% peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik sehingga dapat dikatakan desain pembelajaran matematika pada materi geometri yang dikembangkan cukup efektif dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas VII SMP. This research aims to produce a mathematics learning design on geometry material equipped with Student Worksheets for grade 7 junior high school students. The development model used in this research is the MPI development model which begins by analyzing instructional needs through simple tests so as to identify gaps in ability. geometry so that you can determine general instructional goals, then carry out instructional analysis by collecting what competencies are needed in the learning process to achieve general instructional goals, then identify students' initial behavior and characteristics by observing interviews and giving questionnaires, then start to formulate specific instructional goals , the fifth stage is compiling test tools, developing instructional strategies using a theoretical approach Van Hiele, the final stage in this research is developing instructional materials where in this research using worksheets that have been compiled from various sources, then carrying out formative evaluation with learning design experts and material experts after that carrying out trials with three stages of one to one test, test small groups, and field tests. The results of expert tests on learning design experts, the development of the learning design being developed needs to be adjusted to the description of TIU and TIK, student categorization, and development structure. Overall, the material presented by material experts is adequate from a material point of view, but some adjustments to the tests and instructional strategies need to be made. After revisions have been made, the learning design can be tested on class VII students at SMPN 2 East Karawang. After carrying out revisions obtained from evaluations in one to one trials and small group trials, the field test results showed a 76% increase in students' communication skills, so it can be said that the mathematics learning design on geometry material that was developed was quite effective in improving the mathematical communication abilities of class VII SMP.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd 2). Prof. Dr. Yuliani Nurani, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: GALIH TRESNA NUGRAHA PERKASA .
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:01
Last Modified: 31 Jul 2024 01:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47192

Actions (login required)

View Item View Item