NABIL ABDURRAHMAN, . (2024) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KETENAGALISTRIKAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (422kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (151kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, didapati bahwa pembelajaran di SMKN 55 Jakarta pada mata pelajaran "Dasar-Dasar Ketenagalistrikan" masih belum mengadopsi pendekatan Pembelajaran Berpusat pada Siswa, yang menghambat perkembangan keterampilan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-modul materi "Alat Ukur dan Alat Uji Kelistrikan" yang layak digunakan pada mata pelajaran "Dasar-Dasar Ketenagalistrikan" kelas X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (RnD) yang dikembangkan oleh Borg & Gall, dengan mengikuti enam dari sepuluh tahapan karena pembatasan masalah. Untuk mendapatkan nilai kelayakan, dilakukan uji validasi dari ahli materi, media, bahasa, dan uji keterbacaan pada peserta didik. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang divalidasi oleh ahli media menggunakan formula Aiken memperoleh nilai rata-rata kevalidan sebesar 0,84, yang termasuk dalam kategori "sangat valid", hasil uji reliabilitas memperoleh nilai 0,94 yang termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”. Penilaian oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata kevalidan sebesar 0,93, yang juga termasuk kategori "sangat valid", hasil uji reliabilitas memperoleh nilai 0,43 yang termasuk dalam kategori “Cukup”. Penilaian oleh ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata kevalidan sebesar 0,93, yang masuk dalam kategori "sangat valid", hasil uji reliabilitas memperoleh nilai 0,68 yang termasuk dalam kategori “Cukup Tinggi”. Uji keterbacaan dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan hasil 2,569 pada aspek daya tarik, 2,552 pada aspek kejelasan, 2,586 pada aspek efisiensi, 2,422 pada aspek ketepatan, 2,466 pada aspek stimulasi, dan 2,517 pada aspek kebaruan, dengan kategori "sangat baik" disemua aspek. Berdasarkan hasil validasai dan didukung oleh uji keterbacaan pada peserta didik, modul yang dikembangkan dapat dikategorikan layak. ***** Based on observations, it was found that the learning process in the "Basic Electrical Engineering" course at SMKN 55 Jakarta has not yet adopted a Student-Centered Learning approach, which hinders the development of students' skills. The purpose of this research is to produce an e-module for the "Electrical Measuring Instruments and Testing Devices" material that is suitable for use in the "Basic Electrical Engineering" course for grade X. This research uses the research and development (RnD) method developed by Borg & Gall, following six out of ten stages due to problem constraints. To obtain feasibility scores, validations were conducted by content, media, language experts, and readability tests on students. Data analysis used both qualitative and quantitative approaches. The results showed that the e-module validated by media experts using Aiken's formula obtained an average validity score of 0.84, which is categorized as "very valid," with a reliability test score of 0.94, categorized as "Very High." The content experts' assessment obtained an average validity score of 0.93, also categorized as "very valid," with a reliability test score of 0.43, categorized as "Fair." The language experts' assessment obtained an average validity score of 0.93, categorized as "very valid," with a reliability test score of 0.68, categorized as "Quite High." Readability tests using the User Experience Questionnaire (UEQ) showed results of 2.569 for attractiveness, 2.552 for clarity, 2.586 for efficiency, 2.422 for accuracy, 2.466 for stimulation, and 2.517 for novelty, all categorized as "very good" in every aspect. Based on the validation results and supported by readability tests on students, the developed module can be categorized as suitable.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd.; 2). Dr. Muksin, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 23909 not found. |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 23:36 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 23:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47213 |
Actions (login required)
View Item |