JOCELIN AGRIPPINA ANGWEN, . (2024) HUBUNGAN PELAKSANAAN PKL DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MASA TUNGGU LULUSAN MENDAPATKAN PEKERJAAN (STUDI KASUS DI SMKN 26 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (894kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (287kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah institusi pendidikan yang bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan agar mereka siap memasuki dunia kerja sesuai dengan keahlian yang mereka pelajari selama masa studi. Hal ini tidak sesuai dengan data yang menunjukkan bahwa lulusan SMK merupakan lulusan dengan tingkat pengangguran tertinggi yaitu 9,42% di tahun 2022, yang mana siswa SMK telah dibekali dengan Praktik Kerja Lapangan yang dapat menambah pengalaman kerja siswa dan meningkatkan prestasi dalam pembelajaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pelaksanaan PKL dan prestasi belajar dengan masa tunggu lulusan di SMKN 26 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Alumni SMKN 26 Jakarta yang merupakan lulusan tahun 2022 dan 2023. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi yang digunakan mengetahui hubungan antar variabael independen dengan dependen. Hasil penelitian menunjukkan: (a) terdapat hubungan positif pada variabel dengan Tingkat hubungan korelasi lemah, dimana nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,010 (b) tidak terdapat hubungan antara variable X2 dengan Y, dimana nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,297 (c) terdapat hubungan antara pelaksanaan PKL dan prestasi belajar secara bersama sama terdapat hubungan dengan masa tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan (Y), dengan Tingkat hubungan sedang. Selanjutnya, untuk nilai signifikansi terdapat sebesar 0,010 yang berarti kurang dari 0,05 (0,010<0,05), menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan PKL dan prestasi belajar secara Bersama sama terdapat hubungan dengan masa tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan (Y) dengan kontribusi sebesar 19,3%. ************************************************************ Vocational High School (SMK) is education that aims to provide knowledge, skills and competencies to students so that they are ready to enter the world of work according to the skills learned when they graduate. This is not in line with data which shows that vocational school graduates are the graduates with the highest unemployment rate, namely 9.42% in 2022. Even though vocational school students have been provided with field work practices which can increase students' work experience and improve their learning achievements. This research aims to determine the correlation between the implementation of PKL and learning achievement and the waiting period for graduates at SMKN 26 Jakarta. This research uses a quantitative descriptive approach. The subjects of this research are Alumni of SMKN 26 Jakarta who are graduates of 2022 and 2023. The data collection methods used are questionnaires and documentation. The data analysis technique used in this research is correlation which is used to determine the relationship between independent and dependent variables. The results of the research show: (a) there is a positive relationship between variables with a weak correlation level, where the significance value is <0.05, namely 0.010 (b) there is no relationship between variables X2 and Y, where the significance value is <0.05, namely 0.297 (c ) there is a relationship between the implementation of PKL and learning achievement. Together there is a relationship with the waiting period for graduates to get a job (Y), with a medium level of relationship. Furthermore, the significance value is 0.010, which means less than 0.05 (0.010<0.05), indicating that there is a significant relationship between the implementation of PKL and learning achievement. Together there is a relationship with the waiting period for graduates to get a job (Y) with contribution of 19.3%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd. 2). Dr. Muksin, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 23897 not found. |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 00:00 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 00:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47233 |
Actions (login required)
View Item |