EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 4 TAHUN DALAM MENINGKATKAN EMPLOYABILITY LULUSAN

Mohammad Arief Budiman, . (2020) EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 4 TAHUN DALAM MENINGKATKAN EMPLOYABILITY LULUSAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (743kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (853kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mohammad Arief Budiman. Evaluasi Implementasi Program Sekolah Menengah Kejuruan 4 Tahun Dalam Meningkatkan Employability Lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi implementasi program SMK 4 tahun dengan mengetahui tingkat employabality dengan berfokus pada melihat hasil keterserapan tamatan siswa yang telah lulus mendapatkan pekerjaan sehingga dapat diketahui tingkat ketercapaian program. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini melibatkan berbagai pihak seperti wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana dan wakil humas&kemitraan serta siswa. Evaluasi ini menggunakan metode CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program SMK 4 Tahun di SMK N 26 Jakarta dari aspek context yang meliputi latar belakang dan tujuan memiliki persentase ketercapaian 100%. Aspek input yang meliputi kurikulum, kualifikasi guru, sarana prasarana dan pembiayaan persentase ketercapaian 86,5%. Aspek process yang meliputi proses pembelajaran menurut persepsi siswa dengan melihat bagaimana cara guru memberikan materi dan pembelajaran praktik disekolah memiliki presentase ketercapaian 90,77%. Aspek terakhir pada penelitian ini adalah product memiliki ketercapaian sebesar 92%. Berdasarkan rata-rata persentase ketercapaian tersebut maka implementasi program SMK 4 Tahun yang dilaksanakan dapat dinyatakan “sangat baik” namun masih perlu ada sedikit perbaikan dan ditingkatkan pada beberapa aspek dan agar lebih baik lagi kedepannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si 2). Dr. Rd Tuty Sariwulan, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 1535 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 16:14
Last Modified: 03 Mar 2020 16:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4726

Actions (login required)

View Item View Item