HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 54 JAKARTA

MUHAMMAD FAIZ AL YUSRON, . (2024) HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 54 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy

Abstract

Berlatar belakang masalah mengenai motivasi pada siswa di salah satu sekolah menengah atas di Jakarta yang mana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian reward dan punishment dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Variabel penelitian ini yaitu reward (X1), punishment (X2), dan motivasi belajar (Y). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner melaui google form dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak dengan jumlah sampel sebesar 166 siswa kelas X di SMAN 54 Jakarta. Analisis data menggunakan uji t dan uji f serta uji korelasi berganda. Hasil penelitian diperoleh nilai t-hitung 4,396 > t-tabel 1,654 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti “terdapat hubungan antara reward dengan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 54 Jakarta”. Kedua, diperoleh nilai t-hitung 7,078 > t-tabel 1,654 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti “terdapat hubungan yang signifikan antara punishment dengan motivasi belajar siswa kelas X di SMAN 54 Jakarta”. Ketiga, diperoleh nilai f-hitung 92,307 > f-tabel 3,05 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti “terdapat hubungan yang signifikan antara reward dan punishment secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa kelas X di SMAN 54 Jakarta”. Kata Kunci: Reward, Punishment, dan Motivasi Belajar ***** The background of the problem regarding motivation in students in one of the high schools in Jakarta, where this study aims to determine the relationship between reward and punishment with student learning motivation in sociology subjects. This research method is quantitative research with a correlational approach. Data collection in this study used a questionnaire through google form with sampling techniques using random samples. Data analysis using t test and f test and multiple correlation test. The results of the study obtained a t-count value of 4.396 > t-table 1.654 and a significance value of 0.000 < 0.05 which means "there is a relationship between reward and learning motivation of class X students in sociology subjects at SMAN 54 Jakarta". Second, obtained t-count value of 7.078 > t-table 1.654 and significance value of 0.000 < 0.05 which means "there is a significant relationship between punishment and learning motivation of class X students at SMAN 54 Jakarta". Third, the obtained f-count value is 92.307 > f-table 3.05 and the significance value is 0.000 < 0.05 which means "there is a significant relationship between reward and punishment together with the learning motivation of class X students at SMAN 54 Jakarta". Keywords: Reward, Punishment, and Learning Motivation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Achmad Siswanto, M.Si. ; 2). Prima Yustitia Nurul Islami, S.KPm., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 24173 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:07
Last Modified: 31 Jul 2024 01:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47302

Actions (login required)

View Item View Item