MIFTAHUL ZANNAH, . (2020) Perbandingan Video Pembelajaran Berbasis Motion Graphic Dengan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis SMK Program Keahlian Multimedia. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (298kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (260kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan media belajar motion graphic dan dengan media belajar powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X SMK Negeri 2 Jakarta dan SMK Negeri 51 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2019. Media belajar motion graphic diterapkan di kelas eksperimen yaitu kelas X MM 1 SMK Negeri 2 Jakarta dan media belajar powerpoint diterapkan di kelas kontrol yaitu kelas X MM 1 SMK Negeri 51 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Negeri 2 Jakarta dan SMK Negeri 51 Jakarta tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 60 peserta didik. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuantitaif, yaitu dengan memperlakukan dua kelas dengan perlakuan atau tindakan yang berbeda. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Untuk mendapatkan data dari penelitian ini dilakukan dengan cara menguji peserta didik dengan memberikan tes akhir (post test) untuk mengukur kemampuan kognitif dengan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara media belajar motion graphic dengan media belajar powerpoint pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X Multimedia di SMK Negeri 2 Jakarta dan kelas X Multimedia SMK 51 Jakarta yang dibuktikan dengan hasil analisis data (Uji-t) yaitu diperoleh thitung = 2,53 dan ttabel = 2,03. Karena thitung (2,53) > ttabel (2,03), maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak. Hasil belajar peserta didik yang menggunakan media belajar motion graphic mendapatkan nilai rata-rata sebesar 83,267, sedangkan siswa yang diterapkan dengan media belajar Powerpoint mendapatkan nilai rata-rata sebesar 80,667. Hal ini membuktikan bahwa peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan media belajar motion graphic memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajarkan menggunakan media belajar powerpoint. Kata Kunci : Media Belajar Motion Graphic, Media Belajar Powerpoint, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd 2). Hamidillah Ajie, S.Si, M.T |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Users 1586 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 14:45 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 14:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4733 |
Actions (login required)
View Item |