SITI MIATI, . (2023) PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING PADA PELATIHAN PEMBENTUKAN JABATAN FUNGSIONAL PENELITI DENGAN STRATEGI PEDATI BAGI PENELITI TINGKAT PERTAMA DI BADAN RISET INOVASI NASIONAL. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01. COVER..pdf Download (4MB) |
|
Text
02. BAB 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
03. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
04. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
05. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
06. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
08. LAMPIRAN..pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran blended learning pada pelatihan pembentukan jabatan fungsional peneliti di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan menggunakan strategi PEDATI. Penelitian ini difokuskan pada peneliti tingkat pertama. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari empat tahap: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Pada tahap pendefinisian, dilakukan analisis kebutuhan dan identifikasi masalah. Tahap perancangan meliputi desain instruksional dan materi pembelajaran. Pada tahap pengembangan, dilakukan pembuatan prototipe dan uji coba model. Tahap penyebarluasan melibatkan implementasi dan evaluasi secara lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model blended learning dengan strategi PEDATI efektif dalam meningkatkan kompetensi dan keterampilan peneliti tingkat pertama. Selain itu, metode ini juga meningkatkan fleksibilitas dalam proses pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan kolaboratif. Evaluasi menunjukkan bahwa peserta pelatihan memberikan tanggapan positif terhadap model ini, yang mencakup aspek keterlibatan, kenyamanan, dan kepuasan.sehingga disimpulkan bahwa blended learning dengan startegi pedati layak digunakan untuk pelatihan pembentukan jabatan fungsional peneliti. Kata Kunci: Blended Learning, Strategi PEDATI, Pelatihan Jabatan Fungsional, Model 4D.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Dr. Eveline Siregar, M.Pd., 2. Dr. Cecep Kustandi, M.Pd., |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 23924 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 01:17 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 01:17 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47479 |
Actions (login required)
View Item |