PENGEMBANGAN INSTRUMEN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN LITERASI MATEMATIKA

CYNTHIA MAYANG SARI, . (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN LITERASI MATEMATIKA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Lingkungan pembelajaran literasi matematika merupakan aspek penting yang dibutuhkan dalam mengembangkan kemampuan literasi matematika siswa, dimana kemampuan ini adalah salah satu kemampuan yang diukur dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Untuk mewujudkan lingkungan pembelajaran literasi matematika dibutuhkan penilaian untuk mengukur lingkungan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan literasi matematika dalam kegiatan pembelajaran melalui instrumen yang valid dan reliabel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen lingkungan pembelajaran literasi matematika yang valid dan reliabel dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan pendekatan Rating Scale Model (RSM) dalam analisis datanya. Penelitian ini menggunakan model 4D yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate sebagai tahapan yang digunakan dalam pengembangan instrumen. Penelitian dilakukan pada siswa kelas delapan di enam Sekolah Menengah Pertama di Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah. Uji coba terbatas dilakukan pada 264 orang siswa dan pada tahap luas dengan melibatkan 625 siswa. Analisis validitas konstruk dilakukan dengan menggunakan CFA menghasilkan 47 butir yang valid dan nilai Construct Reliability (CR) dan Average Variance Extracted (AVE) masing-masing sebesar ≥ 0,7 dan ≥ 0,5 sehingga memenuhi kriteria sebagai instrumen yang reliabel. Pendekatan RSM digunakan untuk menganalisis karakter butir dan person dengan kriteria outfit 0.5 < MNSQ < 1.5, -2.0 < ZSTD < +2.0, dan 0.4 < Pt Mean Corr < 0.85. Analisis karakteristik butir menunjukkan keseluruhan butir cocok atau fit dengan RSM. Butir DG2 memiliki nilai logit tertinggi sebesar 1.671 yang berarti butir yang memiliki tingkat kesukaran tertinggi. Sebaliknya, butir RM6 memiliki nilai logit terendah sebesar -1.134 yang berarti butir tersebut merupakan butir termudah untuk disetujui responden. Pada analisis Mantel Haenszel untuk mendeteksi bias butir atau DIF, tidak terdapat satupun butir yang terdeteksi DIF. Hal ini dapat terlihat pada nilai probabilitas tiap butir yang lebih besar dari 0,05. Pada analisis karakteristik person terdapat 11 responden yang tidak fit dengan model (person misfit), person measure sebesar -0.07 logit menunjukkan rata-rata nilai seluruh siswa dalam mengerjakan butir instrumen. Nilai rata-rata yang lebih kecil dari nilai logit 0.0 menunjukkan kecenderungan kemampuan siswa yang lebih rendah dibandingkan tingkat kesukaran butir. Dengan demikian instrumen yang dihasilkan merupakan instrumen yang valid dan reliabel dalam mengukur lingkungan pembelajaran literasi matematika. Keyword: Lingkungan Pembelajaran Literasi Matematika, Confirmatory Factor Analysis, Rasch Model, Rating Scale Model. ABSTRACT Mathematical literacy learning environment is an important aspect needed in developing students' mathematical literacy skills, which is one of the skills measured in the Minimum Competency Assessment (MCA). To realize the mathematical literacy learning environment, an assessment is needed to measure the learning environment that develops mathematical literacy skills in learning activities through valid and reliable instruments. This research aims to produce a valid and reliable mathematics literacy learning environment instrument using Confirmatory Factor Analysis (CFA) and Rating Scale Model (RSM) approaches in data analysis. This research uses the 4D model, namely Define, Design, Develop and Disseminate as the stages used in instrument development. The study was conducted on eighth grade students in six junior high schools in Palangkaraya City, Central Kalimantan. The limited trial was conducted on 264 students and in the broad stage involving 625 students. Construct validity analysis was conducted using CFA resulting in 47 valid items and Construct Reliability (CR) and Average Variance Extracted (AVE) values of ≥ 0.7 and ≥ 0.5 respectively, thus meeting the criteria as a reliable instrument. The RSM approach is used to analyze item and person characteristics with outfit criteria 0.5 < MNSQ < 1.5, -2.0 < ZSTD < +2.0, and 0.4 < Pt Mean Corr < 0.85. Analysis of item characteristics showed that all items fit the RSM. Item DG2 has the highest logit value of 1.671 which means it has the highest difficulty level. In contrast, item RM6 has the lowest logit value of -1.134 which means it is the easiest item for respondents to agree with. In the Mantel Haenszel analysis to detect item bias or DIF, none of the items detected DIF. This can be seen in the probability value of each item which is greater than 0.05. In the analysis of person characteristics, there were 11 respondents who did not fit the model (person misfit), the person measure of -0.07 logit shows the average score of all students in working on the instrument items. The average value that is smaller than the logit value of 0.0 indicates the tendency of students' abilities to be lower than the level of item difficulty. Thus the resulting instrument is a valid and reliable instrument in measuring the learning environment of mathematical literacy. Keywords: Mathematical Literacy Learning Environment, Confirmatory Factor Analysis, Rasch Model, Rating Scale Model

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1. Dr. Achmad Ridwan, M.Si 2. Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 23428 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:04
Last Modified: 31 Jul 2024 01:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47485

Actions (login required)

View Item View Item