PENGEMBANGAN IMAGINARY PLAY BASED APPS (PERMAINAN IMAJINASI BERBASIS APLIKASI) MELALUI SCRATCH JR UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL (KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS) ANAK USIA 5 – 6 TAHUN

KARTIKA, . (2024) PENGEMBANGAN IMAGINARY PLAY BASED APPS (PERMAINAN IMAJINASI BERBASIS APLIKASI) MELALUI SCRATCH JR UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL (KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS) ANAK USIA 5 – 6 TAHUN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi permainan imajinasi berbasis Scratch Jr untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Aplikasi ini dirancang untuk mengintegrasikan elemen-elemen permainan imajinatif yang dapat merangsang kreativitas dan pemecahan masalah pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi permainan imajinasi ini efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak. Uji coba dilakukan di tiga taman kanak-kanak dengan melibatkan 20 anak sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan penilaian keterampilan berpikir kritis sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data menggunakan miles dan Hubberman yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis anak setelah menggunakan aplikasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa aplikasi permainan imajinasi berbasis Scratch Jr dapat menjadi alat yang efektif untuk menstimulasi keterampilan berpikir kritis anak usia dini. Kata kunci: aplikasi permainan imajinasi, Scratch Jr, kemampuan berpikir kritis, anak usia dini ABSTRACT The research aims to develop a fantasy game application based on Scratch Jr. to enhance critical thinking skills of children aged 5-6 years. The app is designed to integrate elements of imaginative play that can stimulate creativity and problem-solving in children. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE approach (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Research results show that the application of this imagination game is effective in improving a child's ability to think critically. The trials were conducted in three kindergartens involving 20 children as subjects of the study. Data is collected through observations, interviews, field records, and assessments of critical thinking skills before and after intervention. Data analysis using miles and Hubberman showed a significant improvement in children's ability to think critically after using the application. The findings indicate that a Scratch Jr-based imagination game application can be an effective tool to stimulate early childhood critical thinking skills. Keywords: imagination game apps, Scratch Jr, critical thinking skills, early childhood

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Ade Dwi Utami, Ph.D. ; 2). Dr. Nurjannah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 24203 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:49
Last Modified: 31 Jul 2024 03:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47517

Actions (login required)

View Item View Item