EVALUASI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT SWAY DENGAN PRINSIP DESAIN PESAN

MUHAMMAD RIFARDO, . (2024) EVALUASI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT SWAY DENGAN PRINSIP DESAIN PESAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (779kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai media Microsoft Sway yang digunakan pada pembelajaran Sejarah di SMAN 3 Depok, yang ditinjau dari unsur & prinsip desain pesan. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi sumatif dari Dick & Carey, tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap Expert Judgement. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui distribusi angket atau kuesioner kepada dua kelompok responden, yaitu evaluator (ahli media) dan peserta didik (pengguna). Teknik pengumpulan data ini melibatkan penggunaan kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan skala Guttman untuk diperoleh kembali data dalam bentuk persentase dan dinilai sesuai dengan standar akreditasi yang ada. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Microsoft Sway digunakan dalam pembelajaran telah menerapkan aspek desain pesan dengan baik, sehingga termasuk dalam kategori baik dan telah sesuai dengan teori yang digunakan dalam menyusun intrumen untuk penelitian ini yaitu teori prinsip desain pesan oleh Retno Widyaningrum dan teori aspek desain pesan oleh Molenda. This study aims to assess the Microsoft Sway media that is used in History subject at SMAN 3 Depok, in terms of the elements & principles of message design. The evaluation model used is the summative evaluation model of Dick & Carey, the stage used in this research is the Expert Judgement stage. Data collection techniques were carried out through the distribution of questionnaires to two groups of respondents, evaluators (media experts) and students (users). This data collection technique involves the use of open and closed questionnaires. Furthermore, the data obtained was analyzed using a Guttman scale to retrieve data in the form of percentages and assessed in accordance with existing accreditation standards. The results obtained from this study indicate that the use of Microsoft Sway media used in learning has implemented the message design aspects well, so it is included in the good category and has been in accordance with the theory used in compiling the instrument for this study, namely the theory of message design principles by Retno Widyaningrum and the theory of message design aspects by Molenda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) . Dr. Cecep Kustandi, M.Pd 2) . Mulyadi, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 24244 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:56
Last Modified: 31 Jul 2024 03:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47525

Actions (login required)

View Item View Item