HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SITI ASYSYIFA ZAIRISTA, . (2024) HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keharmonisan keluarga dengan tingkat stres pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Jakarta sebanyak 363 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2017 hingga 2023. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 191 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan korelasi rank spearman. Berdasarkan hasil uji korelasi rank spearman diperoleh nilai koefisien korelasi yang negatif sebesar -0,389. Artinya semakin tinggi keharmonisan keluarga maka semakin rendah tingkat stres pada mahasiswa, begitupun sebaliknya semakin rendah keharmonisan keluarga maka semakin tinggi tingkat stres pada mahasiswa. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu sebesar 5,94 > 1,65 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara keharmonisan keluarga dengan tingkat stres pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Adapun Koefisien Determinasi (KD) = 15,13% artinya keharmonisan keluarga dengan tingkat stres pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga memberikan sumbangsih hubungan sebesar 15,13% dan selebihnya sebesar 84,86% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti seperti perilaku, kondisi fisik, sosial budaya, lingkungan dan lain sebagainya.*****This study aims to determine the relationship between family harmony and stress levels in students of the Family Welfare Education Study Program at Universitas Negeri Jakarta. This study uses quantitative methods with a correlational approach. The population in this study were active students of the Family Welfare Education Study Program at Universitas Negeri Jakarta as many as 363 students consisting of batches 2017 to 2023. The research sample was selected using purposive sampling technique with a sample size of 191 people. Data collection in this study was using a questionnaire. Data analysis using spearman rank correlation. Based on the results of the spearman rank correlation test, a negative correlation coefficient value of -0.389 was obtained. This means that the higher the family harmony, the lower the stress level in students, and vice versa, the lower the family harmony, the higher the stress level in students. From the results of hypothesis testing using the t-test with a significance level of 0.05, it is obtained tcount > ttable, which is 5.94 > 1.65, meaning that there is a significant relationship between family harmony and stress levels in Family Welfare Education Study Program students. The Coefficient of Determination (KD) = 15.13% means that family harmony with stress levels in Family Welfare Education Study Program students contributes a relationship of 15.13% and the remaining 84.86% is influenced by other factors not examined such as behavior, physical conditions, socio-culture, environment and so on.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhammad Faesal, M.H.,M.Pd. ; 2). Vania Zulfa, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 24056 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 23:02
Last Modified: 31 Jul 2024 23:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47562

Actions (login required)

View Item View Item