PENGARUH DUTA MEREK GRUP MUSIK WANITA KOREA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN LOKAL (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta Tahun Angkatan 2019-2020)

AMALIA SALSA NABILA, . (2024) PENGARUH DUTA MEREK GRUP MUSIK WANITA KOREA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN LOKAL (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta Tahun Angkatan 2019-2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena Korean wave saat ini telah menjadi sebuah trend dalam memanfaatkan strategi pemasaran. Banyaknya produk kecantikan di Indonesia yang telah menggunakan duta merek dari Korea Selatan. Produk kecantikan (S) sendiri telah menggunakan duta merek dengan memilih grup musik wanita (T) asal Korea Selatan. Selebritis Korea mempunyai citra yang dikenal akan kesehatan kulit sehingga masyarakat dapat percaya bahwa produk kecantikan yang dipromosikannya memiliki khasiat yang bagus untuk kulit. Grup musik wanita (T) dinilai mampu mengangkat pamor merek produk kecantikan (S). Hal ini dapat memperluas jangkauan aktivitas pemasaran juga keputusan pembelian produk kecantikan (S). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh duta merek grup musik wanita Korea dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kecantikan pada mahasiswa Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta tahun angkatan 2019 – 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menjawab hipotesis 1.) terdapat pengaruh yang signifikan duta merek (X1) terhadap keputusan pembelian produk kecantikan lokal (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig=0,04 < 0,05 dan t hitung > t tabel (4,142 > 1,66071). 2.) terdapat pengaruh yang signifikan citra merek (X2) terhadap keputusan pembelian produk kecantikan lokal (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig=0,04 < 0,05 dan t hitung > t tabel (6,522 > 1,66071). 3.) terdapat pengaruh yang signifikan duta merek (X1) dan citra merek (X2) secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk kecantikan lokal (Y). Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,00 < 0,05 dan nilai f hitung > f tabel (194,751 > 4,74). Hasil dari analisis regresi linier diperoleh persamaan Y=16,774+0,559 X1+0,846 X2. Pada uji koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 0,797 yang berarti duta merek dan citra merek mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 80,1%. Sisanya sebesar 19,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. ***** The Korean wave phenomenon has now become a trend in utilizing marketing strategies. It can be seen by the number of beauty products in Indonesia that have been using brand ambassadors from South Korea. For the record, beauty product (S) itself has choosen a female music group (T) from South Korea as its brand ambassador. Korean celebrities have a well-known image for their healthy skin and therefore society can believe that the beauty products they promote have good properties for the skin. The female music group (T) is considered to be able to lift the beauty product brand (S). This can expand the range of marketing activities as well as purchasing decisions for beauty products (S).This study aims to determine how much influence brand ambassador and brand image on purchase decisions beauty products in Cosmetology Education students of Jakarta State University Class of 2019 – 2021. This research is quantitative. The result of this study answer hypothesis 1.) there is a significant influence of brand ambassador (X1) on purchase decisions beauty products (Y). This is evidenced by the value of Sig=0,04 < 0,05 and t count > t table = (4,142 > 1,66071) 2.) there is a significant influence of brand image (X2) on purchase decisions beauty products (Y). This is evidenced by the value Sig=0,04 < 0,05 and t count > t table = (6,522 > 1,66071) 3.) there is a significant influence of brand ambassador and brand image together on purchase decisions. This is evidenced by the acquisition of Sig = 0,00 < 0,05 and calculated f count > f table (194,751 > 4,74). The resultsof the linear regression analysis obtained the equation Y=16,774+0,559 X1+0,846 X2. In the coefficient of determination test, a result of 0,797 was obtained, which means that brand ambassador and brand image plays a role of 80,1% purchase decisions beauty products. The remaining 19,9% was influenced by other factors outside the study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sri Irtawidjajanti, M.Pd. ; 2). Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 24211 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:45
Last Modified: 01 Aug 2024 04:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47567

Actions (login required)

View Item View Item