MENINGKATKAN BELAJAR GERAK DASAR MANIPULATIF MENENDANG MELALUI PERMAINAN PADA PESERTA DIDIK FASE A SEKOLAH DASAR

SULTHAN HADIST ISMAIEDH CUKARSO, . (2024) MENINGKATKAN BELAJAR GERAK DASAR MANIPULATIF MENENDANG MELALUI PERMAINAN PADA PESERTA DIDIK FASE A SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Gerak dasar manipulatif menendang adalah fondasi dasar untuk berbagai aktivitas dan menawarkan manfaat diberbagai aspek kehidupan. Namun masih banyak peserta didik yang melakukan gerakan menendang belum terarah dan cenderung sesukanya tanpa memperhatikan teknik dan sikap yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gerak dasar manipulatif menendang bagi peserta didik fase A sekolah dasar melalui permainan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kemmis dan mc taggart dengan empat tahap yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan guru sebagai kolaborator dan 60 subjek yang berasal dari 2 sekolah yang memiliki permasalahan yang sama. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara signifikan bertahap dari tes awal ke siklus I sebesar 47% dan meningkat kembali dari siklus I ke siklus II sebesar 42%. Sehingga peningkatan dari tes awal hingga siklus II meningkat sebesar 89%. Dengan demikian, permainan yang dugunakan dalam penelitian ini memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif menendang pada peserta didik fase A. The basic manipulative movement of kicking is the basic foundation for various activities and offers benefits in various aspects of life. However, there are still many learners who perform kicking movements that are not directed and tend to be arbitrary without paying attention to the correct technique and attitude. This study aims to improve the basic manipulative movements of kicking for phase A primary school students through games. This study uses a kemmis and mc taggart action research design with four stages consisting of planning, implementation, observation, and reflection. This study involved teachers as collaborators and 60 subjects from 2 schools that have the same problems. The results showed a gradual significant increase from the initial test to cycle I by 47% and increased again from cycle I to cycle II by 42%. So that the increase from the initial test to cycle II increased by 89%. Thus, the game used in this study has an influence in improving the ability of kicking manipulative basic movements in phase A students.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Sujarwo, M.Pd. 2). Dr. Yasep Setiakarnawijaya, SKM., M.Kes.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 24235 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:51
Last Modified: 01 Aug 2024 03:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47633

Actions (login required)

View Item View Item