PERBEDAAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR KECAMATAN TARUMAJAYA

SAYYIDAH KAAMILAH, . (2024) PERBEDAAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR KECAMATAN TARUMAJAYA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover,Abstrak-Daftar isi.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB 1. Pendahuluan.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II. Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III. Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V. Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV. Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Lampiran dan Riwayat Hidup_compressed_11zon.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran POE ( Predict, Observe, Explain) dengan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B dan C SDN Setia Asih 06, Bekasi Utara sebanyak 48 orang peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pretest-postest control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan hasil sign. Thitung(0,0001) < sign. Ttabel (0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran POE dengan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sians pada pembelajaran IPA. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POE dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik kelas IV SD pada mata pelajaran IPA. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang suasana dan gaya belajar yang bervariasi untuk dapat mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik kelas IV SD pada mata pelajaran IPA. ***** This experimental research aims to find out the difference between the POE (Predict, Observe, Explain) learning model and the inquiry learning model on science process skills in science learning. The sample in this study is 48 students in class IV B and C of SDN Setia Asih 06, North Bekasi. Sampling uses a simple random sampling technique. The method used is an experimental method, with a pretest-postest control design. Data collection was carried out using observation and analyzed using a t-test at a significance level of α = 0.05 with a sign result. Thitung(0.0001) < sign. Table (0.05) so that H0 is rejected and H1 is accepted, it can be concluded that there is a significant difference between the use of the POE learning model and the inquiry learning model on sains process skills in science learning. These results show that the POE learning model can be used as one of the efforts to develop the science process skills of grade IV elementary school students in science subjects. Therefore, teachers need to know the abilities and needs of each student so that they can design a varied atmosphere and learning style to be able to develop the science process skills of grade IV elementary school students in science subjects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Endang Wahyudiana. M.Pd 2) Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23834 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:42
Last Modified: 02 Aug 2024 01:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47897

Actions (login required)

View Item View Item