AMALIA, . (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN APLIKASI PADLET PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 52 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (480kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Flipped Classroom menggunakan aplikasi padlet pada mata pelajaran gambar teknik terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 52 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode komparatif (eksperimen) dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Adapun teknik pengambil sampel simple random sampling, dengan jenis desain post-test only control group design, yaitu terdiri dari dua kelompok yang berasal dari dua kelas X DPIB, dengan jumlah keseluruhan yaitu 68 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan post-test dan praktik. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberikan treatment berupa penggunaan strategi pembelajaran pembelajaran Flipped Classroom menggunakan aplikasi padlet. Sedangkan kelas kontrol merupakan kelas yang tidak diberikan treatment yaitu menggunakan strategi pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Data hasil belajar diolah menggunakan SPSS 25 untuk menganalisis uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis yang didapatkan dari uji T-Test dan uji U-Mann Whitney antara lain: uji parametrik T-Test digunakan untuk aspek psikomotorik mendapat hasil nilai t hitung sebesar 2,889> t tabel (1,657) untuk df 128. Uji non-parametrik U-Mann Whitney untuk aspek psikomotorik mendapat hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ a tabel (0,05). Rata-rata hasil belajar dari keempat tes menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 83,45, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 76,20. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Flipped Classroom menggunakan aplikasi Padlet berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. ***** This study aims to determine the influence of the Flipped Classroom learning strategy using the Padlet application on the technical drawing subject on the learning outcomes of students at SMK Negeri 52 Jakarta. This research uses a comparative method (experiment) with a quasi-experimental design type of research. The sampling technique is simple random sampling, with a post-test only control group design, consisting of two groups from two classes X DPIB, with a total of 68 students. Data collection techniques use post-test and practice. The experimental class is a class that is given treatment in the form of using the Flipped Classroom learning strategy using the Padlet application. Meanwhile, the control class is a class that is not given treatment, namely using conventional learning strategies using the lecture method. Learning result data was processed using SPSS 25 to analyze normality, homogeneity and hypothesis testing. The hypothesis tests used included two types: for the psychomotor aspect, a parametric T-Test was used with a calculated t value of 2,889> t table (1,657) for df 128, while for the cognitive aspect, a non-parametric U-Mann Whitney test was used with an Asymp. Sig. (2-tailed) value of 0.000 ≤ a table (0.05). The average learning outcomes from the four tests showed that the experimental class obtained an average score of 83,41, while the control class obtained an average score of 76,16. From these results, it can be concluded that the application of the Flipped Classroom learning strategy using the Padlet application has a positive effect on improving student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Tuti Iriani, M.Si. ; 2). Adhi Purnomo, M.T. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 23480 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 23:15 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 03:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48238 |
Actions (login required)
View Item |