AQSHANUL FARHAN, . (2024) ANALISIS KESIAPAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (213kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kesiapan Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Bangunan di Jakarta dalam menerapkan Pembelajaran Berbasis Building Information Modelling. Kesiapan ini dilihat dari enam indikator yang terdapat dalam penelitian ini, yakni sarana prasarana, perangkat pembelajaran, sumber dana, evaluasi, tenaga pendidik, dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan satu variabel, yaitu kesiapan SMK Bangunan pada pembelajaran BIM. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Mix Methode, yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi, serta dideskripsikan secara kualitatif melalui data yang terkumpul dengan wawancara terstruktur melalui daftar pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 35 Jakarta, dan SMKN 58 Jakarta Jurusan Bangunan. Adapun pemilihan sekolah ini berdasarkan studi awal yang berkaitan dengan penggunaan BIM yang telah dilakukan pada sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Bangunan di Jakarta memiliki nilai dalam hal sarana prasarana sebesar 77,83%, perangkat pembelajaran sebesar 55,84%, evaluasi sebesar 5,7%, tenaga pendidik sebesar 79,92%, dan peserta pendidik sebesar 47,7%. Secara keseluruhan, SMK Bangunan di Jakarta memiliki nilai kesiapan sebesar 55,6% dalam kategori cukup baik. Kata Kunci: Kesiapan, Sekolah Menengah Kejuruan, Building Information Modelling (BIM) ***** The purpose of this study is to determine and analyze the readiness of Vocational High Schools majoring in Building in Jakarta in implementing Building Information Modeling-Based Learning. This readiness is seen from six indicators contained in this study, namely facilities and infrastructure, learning tools, funding sources, evaluation, educators, and students. This study uses one variable, namely the readiness of Vocational High Schools in BIM learning. The method used in this study is the Mix Method, which uses a quantitative approach with data collected through questionnaires and observations, and is described qualitatively through data collected with structured interviews through a list of questions that have been prepared in advance. This study was conducted on majoring in Building at SMKN 1 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 35 Jakarta, and SMKN 58 Jakarta. The selection of this school was based on an initial study related to the use of BIM that had been carried out at the school. This readiness includes readiness in terms of infrastructure of 77.83%, learning tools of 55.84%, evaluation of 5.7%, teaching staff of 79.92%, and teaching participants of 47.7%. Overall results of the study showed that Vocational High Schools in Jakarta had a readiness value of 55.6% in the fairly good category. Keywords: Readiness, Vocational High School, Building Information Modelling (BIM)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Tuti Iriani, M.Si. ; 2). Drs. Arris Maulana, M.T. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 23437 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 23:42 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 23:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48261 |
Actions (login required)
View Item |