PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-MODUL PADA MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

DELLA AFRILIA FATMAWATI, . (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-MODUL PADA MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pembelajaran mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, ditemukan kendala terkait dengan bahan ajar yang digunakan. Kurangnya bahan ajar menyebabkan pembelajaran kurang optimal. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pengembangan bahan ajar yang dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis e-modul yang efisien untuk mendukung proses pembelajaran, baik di dalam kelas maupun secara mandiri. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model 4D yang terdiri dari empat tahap: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Proses penelitian dimulai dengan analisis kebutuhan, dilanjutkan dengan perancangan produk. Selanjutnya, dilakukan uji kelayakan produk oleh para ahli dan penilaian pengguna terhadap e-modul. Tahap terakhir adalah uji coba produk secara terbatas. Hasil penelitian ini berupa bahan ajar e-modul yang terdiri dari sembilan materi. Validasi oleh ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 89,39% dengan kategori sangat layak, sedangkan validasi oleh ahli media memperoleh persentase rata-rata sebesar 93,94% dengan kategori sangat layak. Penilaian pengguna terhadap e-modul memperoleh persentase rata-rata sebesar 93,65%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Uji coba terbatas menunjukkan peningkatan hasil belajar pada setiap e-modul, dengan tujuh e-modul memiliki tingkat keefektifan tinggi dan dua e-modul dalam kategori tingkat keefektifan sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa e-modul layak digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Kata Kunci : Pengembangan, Bahan ajar, E-modul, Ilmu bahan bangunan ***** In the learning process for the Building Materials Science course in the Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, Jakarta State University, problems were found related to the teaching materials used. Lack of teaching materials causes learning to be less than optimal. Therefore, innovation is needed in developing teaching materials that can increase student involvement and understanding of the material being taught. This research aims to produce efficient e-module based teaching materials to support the learning process, both in the classroom and independently. This research uses the Research and Development method with a 4D model which consists of four stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. The research process begins with needs analysis, followed by product design. Next, a product feasibility test was carried out by experts and a user assessment of the e-module. The final stage is a limited product trial. The results of this research are in the form of e-module teaching materials consisting of nine materials. Validation by material experts obtained an average percentage of 89.39% in the very feasible category, while validation by media experts obtained an average percentage of 93.94% in the very feasible category. User assessment of the e-module obtained an average percentage of 93.65%, which is included in the very feasible category. Limited trials showed an increase in learning outcomes for each e-module, with seven e-modules having a high level of effectiveness and two e-modules in the medium level of effectiveness category. So it can be concluded that e-modules are suitable for use in the learning process for Building Materials Science courses in the Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, Jakarta State University. Keywords : Development, Teaching materials, E-module, Building materials science.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anisah, M.T. ; 2). R. Eka Murtinugraha, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 23481 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 00:12
Last Modified: 06 Aug 2024 00:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48321

Actions (login required)

View Item View Item