PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL PADA MATA PELAJARAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI SMK NEGERI 56 JAKARTA

RIYAD HANAFI, . (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL PADA MATA PELAJARAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI SMK NEGERI 56 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul di kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan pada mata pelajaran Perancangan Interior Gedung di SMK Negeri 56 Jakarta. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, meliputi tahap analysis, design, development, implementation, and evaluation. Tahap awal penelitian ini dengan mengumpulkan data melalui analisa kebutuhan, uji validasi produk oleh ahli, dan uji coba terbatas untuk mengetahui nilai pengguna terhadap produk yang dikembangkan. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas XI, di mana satu kelas menggunakan e-modul (kelompok eksperimen) dan satu kelas lainnya menggunakan bahan ajar konvensional (kelompok kontrol) untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil kelayakan oleh validator materi terhadap modul elektronik menyatakan sangat layak dengan persentase 83,59% dan hasil kelayakan yang diberikan oleh validator media terhadap modul elektronik menyatakan sangat layak dengan persentase 86,67%. Sedangkan, hasil penilaian pengguna terhadap modul elektronik menyatakan 82,00% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan e-modul secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Hasil uji coba terbatas pretest maupun posttest menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen, dengan nilai rata-rata posttest mencapai 85,5 dibandingkan dengan 75,8 pada kelompok kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan, khususnya melalui e-modul, memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Berdasarkan hasil kelayakan dan uji coba terbatas, dapat disimpulkan bahwa modul elektronik mata pelajaran Perancangan Interior Gedung dapat digunakan pembelajaran di program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 56 Jakarta. ********* This research aims to develop an e-module for the XI grade class of Building Information Modeling and Design in the subject of Interior Building Design at SMK Negeri 56 Jakarta. The method used is the ADDIE development model, which includes the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The initial stage of this research involved collecting data through needs analysis, product validation tests by experts, and limited trials to determine user evaluations of the developed product. The research subjects consisted of two XI grade classes, with one class using the e-module (experimental group) and the other class using conventional teaching materials (control group) to assess student learning outcomes. The feasibility results by material validators for the electronic module were deemed very feasible with a percentage of 83.59%, and the feasibility results by media validators for the electronic module were also deemed very feasible with a percentage of 86.67%. Meanwhile, user assessments of the electronic module indicated an 82.00% rating in the very good category. Analysis results showed that the use of e-modules significantly improved student learning outcomes compared to conventional methods. The results of limited pretest and posttest trials indicated a higher increase in the experimental group, with an average posttest score of 85.5 compared to 75.8 in the control group. These findings suggest that integrating technology in education, particularly through e-modules, has great potential to enhance the quality of learning and achieve better educational goals. Based on the feasibility and limited trial results, it can be concluded that the electronic module for the Interior Building Design subject can be used for learning in the Building Information Modeling and Design department at SMK Negeri 56 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Arris Maulana, M.T. ; 2). Dra. Rosmawita Saleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 24307 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 23:25
Last Modified: 05 Aug 2024 23:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48328

Actions (login required)

View Item View Item