PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

SHOHIFAH AULIA, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Literasi kimia peserta didik sebagai bagian dari literasi sains perlu ditingkatkan untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap literasi kimia peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 71 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas XI G sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen melakukan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing, sedangkan kelas kontrol melakukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Data pada penelitian ini diperoleh melalui pretest dan posttest literasi kimia yang terdiri dari 10 soal essay. Aspek kemampuan literasi kimia yang digunakan meliputi tiga dimensi, yaitu pengetahuan materi kimia, kimia dalam konteks, dan kemampuan belajar tingkat tinggi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Independent Sample T-Test dan Paired Sample T-Test. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan nilai p = 0,014 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap literasi kimia peserta didik pada materi larutan penyangga. Improving students' chemistry literacy as part of scientific literacy is essential to prepare them for global challenges. This study aims to determine the impact of the guided inquiry learning model on students' chemistry literacy regarding buffer solutions. The research was conducted at SMA Negeri 71 Jakarta during the second semester of the 2023/2024 academic year. This quantitative study used a quasi-experimental method. Samples were selected using purposive sampling, with class XI G as the experimental group and class XI F as the control group. The experimental class used the guided inquiry model, while the control class used a scientific approach. Data were collected through pretests and posttests consisting of 10 essay questions on chemistry literacy. The aspects of chemistry literacy assessed included three dimensions: knowledge of chemical content, chemistry in context, and higher-order learning skills. Data were analyzed using the Independent Sample T-Test and Paired Sample T-Test. The hypothesis test results, using the Independent Sample T-Test with a 5% significance level, showed a p-value of 0.014 < 0.05, leading to the rejection of H0 and acceptance of H1. Thus, the guided inquiry learning model positively influences students' chemistry literacy on buffer solutions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tritiyatma Hadinugrahaningsih, M.Si. 2). Elma Suryani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 24760 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:27
Last Modified: 06 Aug 2024 01:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48413

Actions (login required)

View Item View Item