STUDI LITERATUR: KERANGKA KERJA KONSEPTUAL TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND VOCATIONAL KNOWLEDGE (TPVOK) UNTUK PENDIDIKAN VOKASI DI INDONESIA

HEVI TRIAYUNNA, . (2024) STUDI LITERATUR: KERANGKA KERJA KONSEPTUAL TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND VOCATIONAL KNOWLEDGE (TPVOK) UNTUK PENDIDIKAN VOKASI DI INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, Abstrak, Lembar Pengesahan, Lembar Originalitas, Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi, Kata Pengantar, Daftar Isi - Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Hasil-Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan vokasi merupakan jenis pendidikan non-akademis dengan pembelajaran yang membekali peserta didiknya dengan ilmu terapan untuk dunia usaha dan industri (DUDI). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ialah jenis pendidikan vokasi formal jenjang menengah. Menurut pembelajaran abad -21, guru SMK perlu menguasai pengetahuan teknologi, pedagogis, dan konten atau disebut kerangka kerja TPCK sebagai dasar kompetensi. Tetapi penerapan TPCK di SMK belum sepenuhnya dikuasai sebagai satu paket pengetahuan dan masih bersifat umum/ akademis. Oleh sebab itu, diperlukan penyesuaian kerangka kerja yang spesifik dan signifikan dengan kebutuhan SMK serta sejalan dengan perkembangan DUDI. Demikian, penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengembangan kerangka kerja konseptual dengan Pengetahuan Teknologi, Pedagogis, dan Vokasi (TPVoK) bagi guru SMK di Indonesia. Berdasarkan jenis data, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus menganalisis penerapan kerangka kerja TPCK di SMK untuk disintesis menjadi kerangka kerja TPVoK. Untuk itu, digunakan pendekatan studi literatur dengan metode tinjauan pustaka dan teknik dokumentasi. Data berupa literatur yang meliputi jurnal, prosiding/ konferensi, skripri/ tesis, dan buku untuk dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa kerangka kerja konseptual TPVoK bagi guru SMK di Indonesia. Produk penelitian ini adalah literatur teoretis yang berimplikasi sebagai landasan berpikir dalam mengembangkan kerangka kerja TPVoK. Hendaknya penelitian ini dilanjutkan untuk dapat menguji coba dan memvalidasi kerangka kerja TPVoK. ***** Vocational education is a kind of non-academic education escorted by learning that equips students with applied knowledge for bussiness and industrial world (DUDI). Vocational High School (SMK) is a formal secondary level of vocational education. According to 21st century learning, vocational school teachers need to master technological, pedagogical, and content knowledge or so called by TPCK framework as a teacher’s basic competency. However, the implementation of TPCK in vocational school has not been fully possessed as a package of knowledge and TPCK is still general or academical in nature. Hence, it is necessary to adjust the framework to be specific and significant according to the needs of vocational school and in line with the development of DUDI. Thus, this study is aimed to analyze the development of a conceptual framework of Technological, Pedagogical and Vocational Knowledge (TPVoK) for vocational school teacher in Indonesia. Based on the data type, this study is used qualitative approach which is focused on analyzing the implementation of TPCK framework in vocational school to be synthesized into a TPVoK framework. Consequently, the study is conducted by literature study approach with literature review method and documentation technique. The data form is literature including journals, proceedings/ conferences, theses, and books to be analyzed with qualitative descriptive. The result of this study is a TPVoK conceptual framework. The product is theoretical literature that implicated as a basic thinking in developing the TPVoK framework. This study has better to be continued to be able to test and validate the TPVoK framework.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Riyan Arthur, M.Pd. ; 2). Drs. Arris Maulana, M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 24445 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:33
Last Modified: 06 Aug 2024 04:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48427

Actions (login required)

View Item View Item