PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DI SMA

SHABRINA NAJWA, . (2024) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (955kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text
LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembelajaran kimia, kegiatan praktikum merupakan hal yang penting dilakukan dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami konsep kimia yang abstrak dan kompleks. Namun pada kenyataannya, kegiatan praktikum ini masih tergolong jarang dilaksanakan. Beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah kurangnya penunjang kegiatan praktikum, tingkat bahaya yang tinggi, dan limbah hasil praktikum yang dihasilkan. Oleh karena itu, pendekatan green chemistry dapat dijadikan solusi dalam penyelesaian masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum berbasis green chemistry yang dapat dijadikan penunjang praktikum oleh siswa pada materi hukum dasar kimia. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri atas tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sasaran penelitian ini adalah penilaian kelayakan modul praktikum yang dikembangkan oleh ahli, siswa, dan guru. Hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Analisis data yang dilakukan menunjukkan uji kelayakan oleh para ahli dapat dikategorikan “Sangat baik”. Respon siswa dan guru juga menunjukkan modul praktikum sudah layak digunakan dengan kategori “Sangat baik”. Dengan demikian, Modul Praktikum Berbasis Green Chemistry pada Materi Hukum Dasar Kimia yang dikembangkan sangat layak digunakan oleh siswa dalam pembelajaran Kimia. ***** In chemistry education, practical activities are essential for enhancing students' ability to understand abstract and complex chemistry concepts. However, in reality, these practical activities are still rarely implemented. Several factors contributing to this issue include the lack of practical activity support, high levels of hazardous, and the chemical waste produced from practical activities. Therefore, the green chemistry approach can be a solution to these problems. This research aims to develop a practical module based on green chemistry that can support students in practical activities on the basic laws of chemistry. The research method used is R&D (Research and Development) with the ADDIE approach, consisting of the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The target of this research is the feasibility assessment of the developed practical module by experts, students, and teachers. The research results were analyzed using quantitative descriptive analysis methods. Data analysis showed that the feasibility test by experts could be categorized as "Very Good”. The responses from students and teachers also indicated that the practical module is feasible for use with the category of "Very Good”. Therefore, the Development of Green Chemistry-Based Practical Module on the Basic Laws of Chemistry is highly feasible for being used for students in chemistry courses.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si. 2). Edith Allanas, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Shabrina Najwa .
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:01
Last Modified: 06 Aug 2024 02:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48529

Actions (login required)

View Item View Item