PRAKTIK PENGASUHAN KOLABORASI BERBASIS MEDIA SOSIAL (STUDI KUALITATIF PADA PENGIKUT MEDIA SOSIAL HOME BASED EDUCATION)

DINAR PUTRI PRATIWI, . (2024) PRAKTIK PENGASUHAN KOLABORASI BERBASIS MEDIA SOSIAL (STUDI KUALITATIF PADA PENGIKUT MEDIA SOSIAL HOME BASED EDUCATION). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Praktik pengasuhan dalam keluarga memiliki peran penting dalam proses pendidikan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, orang tua perlu memiliki pengetahuan yang tepat mengenai pengasuhan anak usia dini. Kita tidak dapat memisahkan pengasuhan anak usia dini dari perkembangan teknologi. Media sosial merupakan media yang banyak digunakan untuk mencari informasi terkait pengasuhan anak di rumah. Ada banyak konten yang dibuat di media sosial mengenai berbagai topik, salah satunya adalah topik parenting. Munculnya media sosial parenting saat ini memberikan banyak manfaat bagi orang tua dalam memperoleh informasi terkait parenting. Kondisi ini menyebabkan perubahan cara orang tua mendapatkan informasi pengasuhan. Peneliti memilih metode kualitatif studi kasus untuk menyelidiki, menemukan, mengeksplorasi, dan menggambarkan segala bentuk data yang diperoleh selama penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor praktik pengasuhan di rumah bagi orang tua yang mengikuti media sosial Home Based Education. Studi ini menemukan bahwa media sosial Home Based Education adalah sumber belajar mandiri, praktik pengasuhan kolaboratif berbasis fitrah, aktivitas pembelajaran kelompok yang dikembangkan sendiri, komunitas yang tepercaya, dan tingkat kebebasan dalam mengambil keputusan individu. media sosial parenting dapat memberikan manfaat bagi orang tua . Oleh karena itu, penting untuk mencari media sosial dan komunitas yang memiliki value yang sama, sehingga memudahkan orang tua untuk menerapkan pengasuhan ***** Family is an aspect that has a major role in early childhood education. Parenting in the family has an important role in the process of education and child development. Therefore, parents need to have the right knowledge regarding early childhood care. We cannot separate education and early childhood care from technological developments. Social media is a media that is widely used to find information related to parenting at home. There is a lot of content created on social media regarding various topics, one of which is the topic of parenting. The emergence of social media parenting today provides many benefits for parents in obtaining information related to parenting. This condition causes a change in the way parents get parenting information. Researchers choose a qualitative method of case studies to investigate, find, explore, and describe all forms of data obtained during field research. This research aims to explore and describe about home practices for parents who follow social media Home Based Education. This study found that social media Home Based Education are self-learning source, value based collaborative parenting practices, slef developed group learning activity, trusted parents community, and degree of freedom on individual decision. Keyword: Social Media, Home Practice, Parenting, Parents, Home Based Eduation

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Hapidin, M.Pd; 2). Ade Dwi Utami, M.Pd., Ph.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 24270 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2024 00:51
Last Modified: 07 Aug 2024 00:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48536

Actions (login required)

View Item View Item