PENGARUH COGNITIVE BEHAVIORAL GROUP THERAPY UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SOSIAL REMAJA AKHIR MAN 1 SERANG

TSULISTIA POETRY HENDRAWAN, . (2024) PENGARUH COGNITIVE BEHAVIORAL GROUP THERAPY UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SOSIAL REMAJA AKHIR MAN 1 SERANG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (758kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cognitive Behavioral Group Therapy dengan teknik Cognitive Restructuring terhadap kecemasan sosial remaja akhir di MAN 1 Serang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini merupakan siswa yang memiliki kecemasan sosial sejumlah 10 orang. Subjek diambil dengan menggunakan cara purposive karena jumlah sampel yang diambil berdasarkan kriteria yaitu siswa yang memiliki kecemasan sosial tinggi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan SAS-A (Social Anxiety Scale for Adolescent) yang berjumlah 18 item pernyataan yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji sample independent T-test. Hasil analisis diperoleh bahwa dari ketiga aspek kecemasan sosial untuk remaja diketahui aspek Fear of Negative Evaluation (FNE) memperoleh skor yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan aspek Social Avoidance and Distress General (SAD-G) dan Social Avoidance and Distress New (SAD-N). Oleh karena itu perlakuan CBGT yang di fokuskan dalam penelitian ini adalah penurunan pada aspek kecemasan sosial FNE. Setelah sesi diberikan kepada kelompok eksperimen diperoleh nilai mean antara pretest dan posttest kelompok eksperimen pada aspek FNE mengalami penurunan yang signifikan yaitu sebesar 12,4 kemudian diikuti dengan SAD-N sebesar 6,6, dan terakhir aspek SAD-G dengan penurunan skor 3,2. Selanjutnya hasil analisis per item aspek FNE pun terdapat penurunan terutama pada item no.10 dan 15. Adapun hasil hipotesis yang diperoleh adalah nilai Sig. (2-tailed) 0,001 > 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh Cognitive Behavioral Group Therapy dengan teknik Cognitive Restructuring terhadap kecemasan sosial remaja akhir di MAN 1 Serang. *** This study aims to determine the effect of Cognitive Behavioral Group Therapy with Cognitive Restructuring techniques on the social anxiety of late adolescents at MAN 1 Serang. This research is an experimental research with a nonequivalent control group design. The subjects of this study were 10 students who had social anxiety. Subjects were taken using a purposive method because the sample number was based on criteria. These namely students have high social anxiety. Data collection in this study used SAS-A (Social Anxiety Scale for Adolescent) which amounted to 18 statement items that have been tested for validity and reliability. Data analysis in this study used an independent sample T-test. The results of the analysis showed that of the three aspects of social anxiety for adolescents, the Fear of Negative Evaluation (FNE) aspect scored much higher than the Social Avoidance and Distress General (SAD-G) and Social Avoidance and Distress New (SAD-N) aspects. Therefore, the CBGT treatment that is focused on in this study is a decrease in the FNE aspect of social anxiety. After the session was given to the experimental group, the mean value between the pretest and posttest of the experimental group in the FNE aspect experienced a significant decrease of 12.4, then followed by SAD- New by 6.6 and finally the SAD-G aspect with a reduction in score of 3.2. Furthermore, the results of the analysis per FNE aspect item.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, M.Pd; 2). Prof. Dede Rahman Hidayat, M.Psi.,Ph.D
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 23276 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 23:10
Last Modified: 05 Aug 2024 23:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48547

Actions (login required)

View Item View Item