PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN GOOGLE SITES DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

AGUNG HEKA PERDANA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN GOOGLE SITES DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perkembangan kemajuan teknologi terhadap pembelajaran pendidikan dan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik memahami mata pelajaran fisika pada materi fluida dinamis yang menggunakan kurikulum merdeka dan kelayakan media pembelajaran melalui google sites. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan beberapa tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk operasional, uji lapangan operasional, penyempurnaan produk akhir, diseminasi dan implementasi. Dalam tahapan pengembangan membutuhkan 3 validator sebagai ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran untuk menilai kelayakan dari media, materi dan pembelajaran pada penelitian ini. Penelitian ini diterapkan kepada siswa sekolah menengah atas kelas XI pada materi pembelajaran fluida dinamis dan menggunakan pendekatan induktif dalam penyampaian materi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pada kelas XI SMA dan diisi oleh 29 responden pada tanggal 28 April 2024 didapatkan hasil sebanyak 86.2% tidak mengalami kesulitan saat menggunakan laptop/komputer/smartphone saat kegiatan pembelajaran, dan sebanyak 86.2% menjawab bahwa belajar materi fluida dinamis lebih dapat dipahami jika dapat belajar menggunakan media pembelajaran berbantuan google sites. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang layak untuk digunakan oleh siswa ataupun pengajar. *****This research is developed because development of technological advancements in educational learning and aims to develop learning media that can assist students in understanding in dynamic fluid subject using the merdeka curriculum, and the feasibility of learning media through Google Sites. This research used ADDIE development model, consisting of several stages: research and data collection, planning, development of product drafts, field trials, refinement of field trial products, field implementation trials, refinement of operational product, operational field trials, refinement of final products, dissemination, and implementation. In the development stage, three validators were media experts, subject matter experts, and learning experts to assess the feasibility of the media, materials, and learning in this study. This research is applied to high school students on dynamic fluid learning materials and uses an inductive approach in delivering the material. Based on the analysis of the needs of eleventh-grade high school students and filled out by 29 respondents on April 28, 2024, it was found that 86.2% do not have difficulty using a laptop/computer/smartphone during learning activities, and 86.2% answered that learning dynamic fluid materials could be better understood when using learning media assisted by Google Sites. This research is expected to become suitable learning media for use by students or teachers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Anggara Budi Susila, M.Si. ; 2). Dwi Susanti, M.Pd.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 24970 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2024 00:55
Last Modified: 07 Aug 2024 00:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48822

Actions (login required)

View Item View Item