WILDAN AZMI, . (2024) EVALUASI INTERNALISASI PERILAKU GREEN ECONOMY DI SMA NEGERI 32 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (573kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti implementasi prilaku green economy dan evaluasi impelemntasi prilaku green econmy di SMA Negeri 32 Jakarta Salah satu dari dua permasalahan yang paling sering terjadi di Indonesia adalah banjir, dikarenakan curah hujan yang tinggi ditambah dengan saluran pengeringan yang buruk yang disebabkan oleh sampah yang menumpuk. Mayoritas sampah yang menumpuk adalah sampah pelastik, sampah yang menumpuk tersebut adalah dampak dari kurangnya kepedulian masyarakat atas lingkungan terlebih dalam hal ekonomi, sehingga dirasa perlu adanya internalisasi perilaku green economy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis SWOT (Strengths, weaknesses, opportunities, and threats). Adapun data yang digunakan didalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan informan berjumlah 8 orang. Informan ditentukan dengan Teknik pemilihan sampel yaitu teknik purposive sampling method. Adapun pengujian hasil pengumpulan data akan menggunakan matrix IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS (External Factors Analysis Summary). Berdasarkan observasi dan penelitian mendalam yang dilakukan di SMAN 32 Jakarta, implementasi perilaku green economy di sekolah ini telah berjalan dengan sangat baik. Kebiasaan membawa tumbler dan tempat makan pribadi, pemahaman terkait pemilahan sampah, integrasi konsep 3R dalam kurikulum, serta konsistensi dan pengawasan dari para guru telah berhasil menciptakan lingkungan sekolah yang lebih ramah lingkungan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dengan menggunakan matriks IFAS dan EFAS terkait faktor-faktor kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang ada, strategi yang dapat diimplementasikan oleh SMAN 32 Jakarta adalah SO strategy atau strategi agresif. Temuan ini memberikan implikasi bagi pihak sekolah untuk meningkatkan program yang ada dengan menggunakan SO strategy yang menuntut sekolah untuk memaksimalkan kekuatan dan kesempatan yang sekolah miliki, sehingga diharapkan dapat tertanamkannya perilaku green economy pada diri masing-masing peserta didik, sehingga dapat membawa kebiasaan baik ini ke dalam kehidupan sehari-hari mereka di luar lingkungan sekolah. ***** This study aims to examine the implementation of green economy behavior and evaluate the implementation of green econmy behavior at SMA Negeri 32 Jakarta One of the two most frequent problems in Indonesia is flooding, due to high rainfall coupled with poor drainage channels caused by accumulated garbage. The majority of the accumulated garbage is plastic waste, the accumulated garbage is the impact of the lack of public concern for the environment, especially in economic terms, so it is necessary to internalize green economy behavior. The research method used is a qualitative research method using SWOT analysis techniques (Strengths, weaknesses, opportunities, and threats). The data used in this study are primary data collected using data collection techniques through observation and interviews with informants totaling 8 people. Informants are determined by the sample selection technique, namely the purposive sampling method. The testing of data collection results will use the IFAS (Internal Factors Analysis Summary) and EFAS (External Factors Analysis Summary) matrix. Based on observation and in-depth research conducted at SMAN 32 Jakarta, the implementation of green economy behavior in this school has been running very well. The habit of bringing tumblers and personal food containers, understanding of waste sorting, integration of the 3R concept in the curriculum, as well as consistency and supervision from teachers have succeeded in creating a more environmentally friendly school environment. Based on the research that has been conducted using the IFAS and EFAS matrix related to the existing strengths, weaknesses, opportunities and threats, the strategy that can be implemented by SMAN 32 Jakarta is SO strategy or aggressive strategy. These findings provide implications for the school to improve the existing program by using SO strategy that requires the school to maximize the strengths and opportunities that the school has, so that it is expected to embed green economy behavior in each student, so that they can bring this good habit into their daily lives outside the school environment.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Siti Nurjanah, S.E., M.Si. 2). Prof. Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Teori Ekonomi Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 24492 not found. |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 00:55 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 00:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48848 |
Actions (login required)
View Item |