PENGEMBANGAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK MELALUI INTEGRASI DESIGN THINKING DALAM PROYEK STEAM PADA TOPIK KOLOID

RIZKI HAFIZH DWIPUTRA, . (2024) PENGEMBANGAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK MELALUI INTEGRASI DESIGN THINKING DALAM PROYEK STEAM PADA TOPIK KOLOID. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (652kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir komputasional siswa melalui integrasi Design Thinking dalam proyek STEAM pada materi koloid. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 53 Jakarta dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa kelas XI. Metodelogi yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan instrumen berupa lembar observasi, tes uraian keterampilan berpikir komputasional, jurnal reflektif, wawancara, dan catatan peneliti. Pembelajaran kimia dilakukan dengan menerapkan tahapan Design Thinking yang meliputi empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pada tahap empathize, masalah diidentifikasi melalui wawancara dengan pengguna (narasumber). Tahap define dilakukan dengan menentukan fokus masalah berdasarkan hasil wawancara yang telah diperoleh. Tahap ideate melibatkan brainstorming ide atau pengembangan ide dalam bentuk gambar. Pada tahap prototype, solusi yang terpilih dikembangkan menjadi bentuk nyata. Tahap test melibatkan pengujian prototype. Hasil penelitian secara keseluruhan pada indikator keterampilan berpikir komputasional menunjukkan bahwa 64% siswa telah mencapai level baik, 33% siswa telah mencapai level sangat baik, dan 3% siswa telah mencapai level cukup baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan integrasi Design Thinking dalam proyek STEAM memudahkan siswa untuk memahami materi kimia, membuat mereka lebih aktif dalam pembelajaran, dan meningkatkan keterampilan berpikir komputasional mereka secara signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D. 2). Edith Allanas, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 24946 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:19
Last Modified: 07 Aug 2024 02:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48854

Actions (login required)

View Item View Item