MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL DILEMMA-STEAM PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN KARET 04

RENI RAMDAYANI, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL DILEMMA-STEAM PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN KARET 04. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN (45)_compressed (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA yang efektif dirancang dan dilaksanakan dengan berorientasi pada siswa serta menekankan pada kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model Dilemma-STEAM pada siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis & Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi pemantauan aktivitas guru dan siswa, pengamatan dan tes berpikir kritis, catatan lapangan, serta dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV C SDN Karet 04 yang berjumlah 25 siswa (14 laki-laki dan 11 perempuan) semester 1 & 2 Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan selama tiga siklus pembelajaran. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 60%. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 87%; pada siklus III terjadi peningkatan yang lebih signifikan dengan nilai rata-rata 96%. Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa model Dilemma-STEAM efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, sehingga penelitian ini mampu berkontribusi dalam mengembangkan pembelajaran sains yang aktif, inovatif, dan efektif. Kata kunci: IPA, Dilemma-STEAM, Kemampuan berpikir kritis, Sekolah Dasar. ***** Effective science learning is designed and implemented by being student-oriented and emphasizing students' critical thinking skills. Therefore, this study aims to improve students' critical thinking skills by applying the Dilemma-STEAM model to elementary school students. The research method used is Classroom Action Research (PTK) with Kemmis & Taggart design consisting of planning, implementation and observation, and reflection. Data collection techniques carried out are observations monitoring teacher and student activities, observations and critical thinking tests, field notes, and documentation. The subjects of the study were students of grade IV C SDN Karet 04 totaling 25 students (14 boys and 11 girls) semester 1 &; 2 of the 2023/2024 Academic Year. The study was conducted over three learning cycles. The results of the analysis of students' critical thinking skills in the first cycle showed an average score of 60%. In cycle II there was an increase with an average value of 87%; in cycle III there was a more significant increase with an average value of 96%. From these results, it is concluded that the Dilemma-STEAM model can effectively improve students' critical thinking skills, so that this research is able to contribute to developing active, innovative, and effective science learning. Keywords: Science, Dilemma-STEAM, Critical thinking skills, Elementary School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M. Pd. ; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 22921 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2024 01:09
Last Modified: 07 Aug 2024 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48900

Actions (login required)

View Item View Item