PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MICROLEARNING UNTUK MATERI DASAR -DASAR K3 PADA MATA KULIAH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

RANTI WULANDARI, . (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MICROLEARNING UNTUK MATERI DASAR -DASAR K3 PADA MATA KULIAH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (979kB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Hasil-Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-Book berbasis microlearning yang dapat menjadi sarana belajar yang efektif bagi mahasiswa yang terdaftar pada mata kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja materi Dasar-Dasar K3. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development. Model penelitian ini terdiri dari empat tahap: (1) Define, (2) Design, (3) Development, dan (4) Disseminate. Objek pengembangan yang dievaluasi adalah E-Book berbasis microlearning. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, validasi materi yang dilakukan menghasilkan nilai persentase rata-rata sebesar 86,80%. Validasi media menghasilkan hasil persentase sebesar 90,00%. Berdasarkan hasil temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan bahan iajar E-Book berbasis microlearning pada mata kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja sangat layak untuk diintegrasikan ke dalam proses belajar mengajar. ***** This research aims to develop teaching materials in the form of microlearning-based E-Books which can be an effective learning tool for students enrolled in the Occupational Safety and Health course Basics of K3. The method used in this research is Research and Development. This research model consists of four stages: (1) Define, (2) Design, (3) Development, and (4) Disseminate. The development object evaluated is a microlearning-based E-Book. The data analysis technique used is quantitative descriptive analysis. Based on the research results, the material validation carried out resulted in an average percentage value of 86.80%. Media validation produces a percentage result of 90.00%. Based on the research findings, it can be concluded that research into the development of microlearning-based E-Book teaching materials for occupational Safety and Health courses is very feasible to be integrated into the teaching and learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Tuti Iriani M.Si. ; 2). M.Si., Anisah, M.T.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 24383 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 23:57
Last Modified: 06 Aug 2024 23:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48942

Actions (login required)

View Item View Item