HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DENGAN KEPATUHAN HUKUM BERMEDIA SOSIAL SISWA (STUDI DI KELAS X SMAN 15 JAKARTA)

FADILLA ISLAMI, . (2024) HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DENGAN KEPATUHAN HUKUM BERMEDIA SOSIAL SISWA (STUDI DI KELAS X SMAN 15 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan literasi digital dengan kepatuhan hukum bermedia sosial siswa kelas X di SMAN 15 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 214 siswa dan sempel penelitiannya ada sebanyak 68 orang dengan pengambilan sempel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Uji persyaratan analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara literasi digital dengan kepatuhan hukum bermedia sosial siswa. Dibuktikan dengan hasil uji regresi linier sederhana, yaitu nilai persamaan regresi Y = 50,511 + 0,691 X yang berarti terdapat hubungan antara dua variabel tersebut. Dilanjutkan dengan uji korelasi dengan hasil nilai korelasi pearson sebesar 0,468 yang menunjukkan adanya hubungan positif dengan tingkat hubungan sedang. Kontribusi yang diberikan literasi digital terhadap kepatuhan hukum bermedia sosial siswa melalui uji koefisiensi determinasi ialah 21,9% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa literasi digital memberikan hubungan yang cukup berarti dengan nilai 21,9% dalam meningkatkan kepatuhan hukum bermedia sosial siswa di kelas X SMAN 15 Jakarta. Kata kunci: Literasi Digital, Kepatuhan Hukum, Media Sosial, Teknologi dan Siswa. ***** This study aims to examine the relationship between digital literacy and legal compliance in social media usage among tenth-grade students at SMAN 15 Jakarta. The method employed in this research is correlational with a quantitative approach. The population of this study consists of 214 students, and the research sample includes 68 students selected through simple random sampling. Data collection techniques include tests and questionnaires. The analysis requirements test in this research was conducted using normality and linearity tests. The results indicate a relationship between digital literacy and legal compliance in social media usage among students. This is evidenced by the results of a simple linear regression test, yielding a regression equation of Y = 50.511 + 0.691 X, which means there is a relationship between the two variables. Furthermore, a correlation test was conducted, showing a Pearson correlation value of 0.468, indicating a positive relationship with a moderate level of correlation. The contribution of digital literacy to legal compliance in social media usage among students, determined through the coefficient of determination test, is 21.9%, with the remaining percentage influenced by variables not examined in this study. Therefore, it can be concluded that digital literacy provides a significant contribution of 21.9% in enhancing legal compliance in social media usage among tenth-grade students at SMAN 15 Jakarta. Keywords: Digital Literacy, Legal Compliance, Social Media, Technology Students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Japar, M.Si. ; 2). Iqbal Syafrudin, S.Pd., M.I.P.
Subjects: Hukum > Hukum (Umum)
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 23227 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2024 01:09
Last Modified: 07 Aug 2024 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48990

Actions (login required)

View Item View Item