PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MELALUI MEDIASI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

LAURA WALANDA RATUMBUISANG, . (2024) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MELALUI MEDIASI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi akademik melalui mediasi motivasi belajar mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian yaitu metode survei. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menyebarkan kuesioner kepada responden untuk mendapatkan data primer. Sedangkan data sekunder yang digunakan ialah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa fakultas ekonomi angkatan 2020. Pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling, dimana pengambilan suatu sampel dengan proporsi yang proporsional atau seimbang digunakan dalam penelitian sebagai teknik pengambilan sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 217 responden yang didapat dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar secara positif dan signifikan mampu memediasi pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi akademik. Begitu pula, motivasi belajar secara positif dan signifikan mampu memediasi pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi akademik. Pada penelitian ini diharapkan agar orang tua dapat meningkatkan dukungan terhadap anak, agar mahasiswa dapat memilih teman sebaya yang membawa pengaruh positif, universitas dapat meningkatkan pembangunan fasilitas kampus, dan juga disarankan agar mahasiswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan kampus. ***** This study aims to determine the effect of parental support and home learning facilities on academic achievement through mediation of student learning motivation at the Faculty of Economics, State University of Jakarta. This study uses a quantitative research method with a research approach, namely the survey method. In the data collection process, researchers distributed questionnaires to respondents to obtain primary data. While the secondary data used is the Grade Point Average (GPA) of students of the Faculty of Economics, class of 2020. The sampling used is proportional random sampling, where taking a sample with a proportional or balanced proportion is used in the study as a sampling technique. The sample used was 217 respondents obtained using the Slovin formula. The results of this study indicate that learning motivation is able to positively and significantly mediate the influence of parental support on academic achievement. Likewise, learning motivation is able to positively and significantly mediate the influence of the peer environment on academic achievement. In this study, it is expected that parents can increase their support for their children, so that students can choose peers who have a positive influence, universities can improve the development of campus facilities, and it is also suggested that students care more about the campus environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Mardi, M.Si. ; 2). Dra. Sri Zulaihati, M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 24900 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:36
Last Modified: 07 Aug 2024 04:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49053

Actions (login required)

View Item View Item